oleh

1 Orang Warga Halmahera Dinyatakan Hilang Setelah Tujuh Hari Pencarian

Ilham Djamilgo, warga Desa Sidangoli yang hilang saat memancing ikan, di laut perairan Sidangoli, Halmahera, pada 26 Februari 2019, belum ditemukan.

Upaya pencarian telah dilakukan tim SAR gabungan sejak laporan musibah tersebut diterima. Area atau lokasi yang dilaporkan titik awal hilangnya korban maupun yang dicurigai telah disasar.

“Namun sampai saat ini hasil pencarian (selama tujuh hari) masih nihil,” kata M Arafah, Kepala Basarnas Ternate, kepada Kieraha.com, Rabu malam.

Arafah mengemukakan, terhitung sejak kejadian korban hilang, hingga sekarang tidak ditemukan, maka sesuai prosedur operasional, pencarian korban ditutup. 

“Hasil koordinasi dengan masing-masing unsur yang terlibat, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban. Berdasarkan hal ini maka sesuai prosedur, 1 orang nelayan Sidangoli (resmi) dinyatakan hilang,” jelasnya.

Arafah menyatakan, tim SAR gabungan untuk saat ini telah menghentikan proses pencarian terhadap korban. Meski begitu, lanjut Arafah, pihak Basarnas Ternate tetap berkoordinasi dengan nelayan maupun warga Sidangoli dan sekitarnya.

“Jika kemudian hari ada yang melihat korban atau jasad korban maka kami berharap segera untuk melaporkan kepada tim SAR gabungan,” lanjutnya.

“Dengan adanya penghentian pencarian korban maka menjadi prosedur tim SAR sudah menyampaikan kepada pihak keluarga korban,” sambung Arafah.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi pencarian korban adalah Basarnas Ternate, Dit Polairud Polda Malut, Pangkalan TNI AL Ternate, KSOP, SROP dan RAPI Ternate, Mapala IAIN dan STKIP, serta warga Desa Sidangoli.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN