oleh

BKKBN Malut Gelar Rapat Evaluasi Tentang Program KKB

BKKBN Perwakilan Maluku Utara melaksanakan Rapat Kerja Daerah dan Rapat Koordinasi Teknis Kemitraan Tingkat Provinsi tentang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKB), di Ternate, Selasa (12/3/2019). 

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Perwakilan Malut, Putut Riyatno, mengatakan rapat ini bertujuan untuk merumuskan program KKB 2019 dan evaluasi kinerja BKKBN tahun 2018.  

“Juga tentang pelaksanaan program Kampung KB sebelumnya maupun pemanfaatan Dana Alokasi Khusus 2018 oleh Kabupaten Kota,” katanya.

Putut menyatakan, dalam rapat evaluasi tersebut, pihak BKKBN fokus tentang sejauh mana pelaksanaan program KKB tingkat Kabupaten Kota. “Terutama apa saja hambatannya, dan bidang pelatihan apa yang telah dijalankan,” ujar Putut.

Putut menambahkan, anggaran yang bersumber dari dana DAK tersebut selama ini telah dikucurkan untuk 10 Kabupaten Kota. Realisasi anggaran DAK tersebut untuk membantu pemerintah di daerah dalam rangka pengembangan program KKB untuk menunjang percepatan dan pencapain program BKKBN di Maluku Utara.

“Realisasi anggaran DAK ini diharapkan dapat mencapai target sesuai yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Selain itu, kami juga berharap harmonisasi program antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat, supaya program-program nasional bisa dilaksanakan oleh pemerintah di daerah,” ujar Putut melanjutkan.

“Karena kadang-kadang kebanyakan program nasional itu di daerah tidak miliki. Padahal setiap program nasional ini wajib untuk dilaksanakan,” katanya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN