oleh

Diduga WNA Masuk Keluar Pulau Woto di Halmahera Tanpa Izin

Setahun belakangan ini warga negara asing atau WNA diduga bebas masuk keluar tanpa izin di Pulau Woto, Halmahera Timur, Maluku Utara. Informasinya, para WNA masuk di wilayah Indonesia tanpa sepengetahuan pemerintah daerah di sana.

Pulau Woto, adalah salah satu pulau di Desa Bicoli, Kecamatan Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur. Pulau ini memiliki panorama alam yang indah.

Para WNA tersebut masuk ke pulau menggunakan kapal laut. Masuk keluarnya WNA tidak diketahui pemerintah di daerah maupun pemerintah di Desa Bicoli.

BACA JUGA

Pesona Pulau Plun di Maba Halmahera Minim Fasilitas

“Sampai sekarang belum ada wisatawan asing yang lapor atau minta izin berkunjung ke Pulau Woto,” kata Sekretaris Desa Bicoli, Abdul Gani Kasturi, Selasa.

Menurut Gani, salah satu wisatawan itu berasal dari Australia. Ia disapa Kevin, datang dengan keluarga. “Ia membangun rumah dan menetap di sana,” ujar Gani.

Kapolres Kabupaten Halmahera Timur, AKBP Driyano Andri Ibrahim menyatakan, keberadaan WNA asal Australia di Pulau Woto tidak diketahuinya. Sejauh ini, lanjut Kapolres, para WNA ini belum melapor ke pihak keamanan Polres setempat.

Kapolres berjanji, akan menindaklanjuti dengan menerjunkan anggota polisi. “Kami akan mengerahkan anggota Intelkam Polres untuk mendatangi orang-orang asing untuk didata. Sekaligus mencari identitas mereka, juga maksud dan tujuan kedatangan, dan berapa lama mereka berada di Halmahera Timur,” katanya.