HomeNewsPolitikHarapan Kapolda dan Plt Gubernur Malut Saat Deklarasi Damai

Harapan Kapolda dan Plt Gubernur Malut Saat Deklarasi Damai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara menggelar deklarasi kampanye damai Pilgub Malut, di depan eks kantor gubernur, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate Tengah, Kota Ternate, Minggu (18/2/2018). Dalam acara itu seluruh pasangan calon menandatangani 5 poin naskah deklarasi sebagai komitmen bersama menciptakan Pilkada Malut yang aman dan kondusif.Pada acara itu dihadiri seluruh pasangan calon gubernur dan wagub, Kapolda Malut Brigjen Pol Achmat Juri, Danrem 152 Babullah, Plt Gubernur, Komisioner Bawaslu, tokoh adat, masyarakat, pemuda, dan perwakilan tim sukses paslon.

Kapolda Brigjen Pol Achmat Juri mengajak semua pihak dalam momen pilkada kali ini bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian untuk Maluku Utara.

“Tidak ada hal yang lebih baik kecuali kita jaga keamanan, kedamaian, dan kerukunan kita semua di daerah ini. Mari kita jalani pilkada ini dengan momen yang baru, dengan sejarah yang baru, yaitu menjaga situasi Pilkada Maluku Utara yang lebih baik dari sebelumnya,” ucap kapolda.

BACA JUGA

Jadwal Kampanye Paslon Pilgub Malut

Kantong Suara Partai Politik Pengusung Pasangan Calon Pilgub Malut

Plt Gubernur HM Natsir Thaib berharap deklarasi pilkada damai tidak hanya seremonial belaka, namun yang lebih ditunjukkan adalah realisasinya sesuai dengan apa yang diikrarkan. Peran semua pihak, kata dia, harus memiliki integritas yang tinggi dalam menciptakan pilkada damai.

“Saya ingatkan kita bersama dalam naskah deklarasi ini tidak hanya sekedar formalitas dalam seremonial belaka, tapi harus memiliki makna untuk pertegas sikap peserta pilkada yang memuat seluruh komitmen calon gubernur dan wakil gubernur untuk ciptakan pilkada yang aman dan kondusif,” kata dia.

Natsir berharap, agar seluruh paslon dapat menggunakan waktu kampanye dengan baik, mematuhi rambu-rambu yang telah ditentukan, hindari potensi pelanggaran, wujudkan pilkada damai, hindari politik uang, kampanye hitam, menghasut, adu domba, perusakan alat peraga, dan isu sara.

Beradu Visi dan Misi

Harapan yang sama dikemukakan Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin, mengigatkan kepada semua paslon bahwa kampanye adalah penyampaian program visi dan misi.

Muksin mengajak semua pihak untuk mengawal pilkada Malut supaya berjalan sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan. Karena pelaksanaan pilkada merupakan tanggungjawab bersama seluruh warga masyarakat Maluku Utara.

Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo menegaskan, deklarasi ini bertujuan bukan hanya menciptakan kampanye damai, namun seluruh tahapan harus damai. “Lima poin naskah deklarasi yang ditandatangani ini akan dipajang di seluruh posko pasangan calon. Ini agar pendukung dari masing-masing paslon dapat melihat ikrar pilkada damai yang telah diucapkan,” ujar dia.

Author: Hasbullah Dahlan

Editor: Redaksi

Bagikan