oleh

Harga Ikan Tuna di Ternate Masih Rp 600 Ribu per Ekor

Cuaca buruk yang terjadi di perairan Maluku Utara sejak Desember lalu telah mengakibatkan pasokan ikan tuna dan cakalang di Ternate menurun. Kondisi ini memicu kenaikan harga ikan setempat.

Pengataman Kieraha.com, di Pasar Higienis Bahari Berkesan, Gamalama, Ternate Tengah, untuk harga ikan tuna ukuran besar masih tetap sebesar Rp 600 ribu per ekor. Sementara ikan tuna sedang habis terjual dan tidak ada lagi pasokan.

“Untuk cakalang sedang yang biasanya Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per ekor, kini naik menjadi Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per ekor. Untuk ukuran besar sudah habis,” kata Azis, salah satu pedagang ikan pasar Higienis begitu disambangi Kieraha.com.

Azis bilang, harga ikan laut tersebut mengalami kenaikan sejak akhir Desember 2018. Kondisi ini terjadi karena banyak nelayan setempat yang tidak melaut.

“Makanya stok ikan kosong,” kata dia.

Azis menambahkan, harga ikan dasar juga terjadi kenaikan dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilo menjadi Rp 60-70 ribu per kilo.

Untuk ikan halus (kecil), sambung dia, dijual Rp 10 ribu-20 ribu per baki.

“Harga ikan halus ini tergantung ukuran. Harga ikan ini kemungkinan bisa naik kalau cuacanya terus seperti ini, bisa jadi harga ikan kecil juga ikut naik,” kata Azis lagi.

Author: Jainudin Arahman

Editor: Redaksi

BAGIKAN