oleh

Hikmadnya Upacara Kemerdekaan RI di Tidore

Upacara Hari Ulang Tahun ke 73 Kemerdekaan RI dan penurunan bendera di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Jumat (17/8/2018) pagi dan sore pukul 17.30 WIT, berjalan lancar.

Gelaran Kemerdekaan yang dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Tidore tersebut berlangsung tertib dan hikmad. Wali kota Ali Ibrahim bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera.

Adapun rangkaian kegiatan usai pelaksanaan upacara penaikan bendera di Tidore. Penyerahan bantuan dana kehormatan kepada keluarga perintis kemerdekaan, pejuang, dan purnawirawan di antaranya, masing-masing sebesar Rp 2,5 juta.

Paskibraka 2018 di bawah pimpinan Danpas Bripka Ahmad Yani Masuku bersama Danton Pengibaran Rahmat A Kama, siswa SMAN 1 Tidore berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Pembawa Baki, Iradianti Aisiah dari SMAN 3 Tidore dengan langkah yang anggun dan percaya diri menerima bendera merah putih yang diserahkan oleh Inspektur Upacara, Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim.

Begitu juga dengan pengibar bendera, masing-masing Hosea M Kasegel dari SMAN 11 Tidore, Jibran Karim dari SMAN 3 Tidore, dan Andi Amirullah dari SMA Negeri 5 Tidore dalam membentangkan dan mengibarkan bendera ke puncak tiang bendera.

Sementara, pada upacara penurunan bendera merah putih juga berakhir dengan sukses. Wali kota Ali Ibrahim kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera ini di bawah pimpinan Danpas Sertu Ahmad Lisroes bersama Danton penurunan bendera M Nur Gemalangit dari SMA Negeri 1 Tidore sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Begitu pun dengan pengerek bendera, masing-masing Iswanto Andisi dari MA Alkhairaat Guraping, Asrul Ade dari SMA Negeri 10 Tidore, dan Fikram N Marsaoly dari SMA Negeri 1 Tidore menurunkan bendera merah putih, melipat, dan menyerahkan kepada pembawa baki Nurbani Kadir dari SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan. Setelah itu Pembawa baki menyerahkan kepada Inspektur Upacara yakni wali kota Ali Ibrahim.

Author: Iriyanti Chandra

Editor: Redaksi