oleh

Ini yang Diharapkan Apdesi Halmahera Barat Setelah Musyawarah Kecamatan

DPC Apdesi Halmahera Barat, Maluku Utara, menggelar Musyawarah Kecamatan 2019, di Kantor Camat Jailolo Selatan, Sabtu (2/2/2019).

Musyawarah ini sekaligus pemilihan ketua dan pembentukan struktur Dewan Pimpinan Cabang atau DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di tingkat Kecamatan.

Rangkaian kegiatan musyawarah dengan tema “Mengabdi Demi Kemaslahatan Masyarakat”, ini dilaksanakan selama 18 hari. Sejak 15 Januari hingga 2 Februari 2019.

Ketua Apdesi Halmahera Barat, Rustam Fabanyo, menyatakan, bahwa intisari dari tema tersebut adalah bentuk komitmen dari Pengurus DPC Apdesi Halmahera Barat untuk mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat Desa.

“Selain pemilihan ketua dan pembentukan struktur, kegiatan ini juga sebagai bentuk pemantapan dan penguatan kapasitas pengurus dalam berlembaga,” ujar Rustam, kepada Kieraha.com, melalui pesan WhatsApp, Minggu (3/2/2019) sore.

Rustam mengemukakan, dengan terbentuknya struktur kepengurusan Apdesi tingkat Kecamatan periode 2019-2024 tersebut, maka kedepannya akan ada pengawasan kinerja Pemerintah Desa oleh pengurus Apdesi di masing-masing Kecamatan.

“Jika ada yang sengaja melakukan pengambilan kebijakan desa yang tidak sesuai dengan mekanisme perundang-undangan, maka Apdesi Halmahera Barat siap menindaklanjuti, bahkan tidak segan-segan melaporkan kepihak berwenang,” tegas Rustam.

Pengelolaan Dana Desa

Rustam mengimbau kepada setiap aparatur Pemerintah Desa di Halmahera Barat untuk mengelola Dana Desa yang pro aktif sesuai kebutuhan masyarakat.

“Ini supaya desa-desa yang ada di Kabupaten Halmahera Barat mampu mandiri secara ekonomi. Jika tidak terlaksana maka kita (Pemerintah Desa) telah menabrak semangat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” kata dia.

Rustam berharap, kedepannya pengurus di tingkat Kecamatan bisa bersama-sama menjadikan DPC Apdesi setempat sebagai wadah perkumpulan.

“Melalui wadah ini semoga kita bisa bersama-sama untuk saling melengkapi dan belajar menjadi Pemerintah Desa yang lebih baik dan benar,” kata dia.

“Sebab fungsi Dana Desa yang ada di setiap Desa ini sebenarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambung Rustam.

Author: Irawan Lila

Editor: Redaksi

BAGIKAN