oleh

Kakanwil Kemenag Malut Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesalehan di Bulan Ramadan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H Sarbin Sehe, mengajak jemaah dan masyarakat memanfaatkan bulan Ramadan dengan meningkatkan kesalehan, menjadi pribadi yang lebih taat pada Allah SWT.

Ajakan ini disampaikan saat Kakanwil Kemenag Malut memberikan tausiyah pada acara buka puasa bersama dan salat tarawih berjemaah, di Rumah Jabatan Wali Kota Tidore Kepulauan, Minggu malam. Hadir Wali Kota Kapten Ali Ibrahim, Wakil Wali Kota Muhammad Senin, tokoh masyarakat, dan pejabat teras di lingkup pemkot setempat.

Kakanwil mengatakan bahwa ibadah puasa Ramadan membentuk karakter hidup setiap muslim yang melahirkan kesalehan individu dan kesalehan sosial. “Puasa Ramadan pada dasarnya merupakan bentuk kesalehan individual sebagaimana ibadah ritual lain, memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan aspek kesalehan (kebaikan) sosial,” ucapnya, usai shalat tarawih berjemaah.

Kakanwil menguraikan kesalehan sosial bisa dimaknai sebagai sikap dan perilaku seseorang yang memiliki unsur kebaikan (saleh) atau manfaat dalam rangka hidup bermasyarakat. Kesalehan sosial sendiri bersumber dari nilai agama dan bersifat ibadah.

Kakanwil menambahkan, semua kesalehan individual dalam bentuk ibadah ritual sebenarnya memiliki dampak untuk kebaikan sosial. “Termasuk ibadah salat, puasa dan zakat,” sambung Kakanwil. *

Putri Nur Djailani
Editor
BAGIKAN