oleh

Kapal Ikan Terbakar di Perairan Halmahera

Kecelakaan laut kembali terjadi. Kapal Ikan Purse Seine rute Bitung, Sulawesi Utara tujuan Ibu, terbakar di perairan Halmahera Barat, Minggu (27/1/2019).

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, mengatakan informasi yang diterima menyebutkan kapal mengalami kebakaran di bagian kamar mesin.

“Sebanyak 15 personel Rescue Kansar Ternate yang dikerahkan untuk melakukan proses evakuasi. Tim Rescue menggunakan KN SAR 237 Pandudewanata,” kata Arafah.

Arafah menyatakan, Kapal Ikan POF XVIII (Purse Seine) 98 grass ton itu mengangkut 23 orang dan ABK dengan muatan kurang lebih 80 ton. Kapal ini bertolak dari Pelabuhan Perikanan Bitung menuju Pelabuhan Perikanan Loloda, Sabtu 26 Januari 2019. Namun, pada Minggu pagi, 27 Januari 2019, sekitar pukul 10.50 WIT kurang lebih 28 Nm dari Ibu pada koordinat 01°36’00 N, kapal mengalami kebakaran.

Daftar Korban yang Dievakuasi

Arafah menyatakan, sebanyak 23 orang dan ABK Kapal Ikan Purse Seine yang mengalami kebakaran itu telah berhasil dievakuasi Minggu sore. Seluruhnya dalam keadaan selamat. Korban kapal nahas itu saat ini dievakuasi menuju Pelabuhan Perikanan Bastiong, Ternate.

Author: Irawan Lila

Editor: Redaksi

BAGIKAN