oleh

KM Fungka Tujuan Taliabu Terbakar di Tengah Laut

Musibah kebakaran Kapal Motor kembali terjadi. KM Fungka Permata V yang mengangkut 146 jiwa terbakar di perairan Pulau Sagu, Sulawesi Tengah, Jumat (14/9/2018).

“Kapal tersebut terbakar di tengah laut saat dalam perjalanan dari Buton menuju Taliabu dan Sanana, Maluku Utara, dengan persinggahan Banggai Laut,” ujar Kepala BPBD Pulau Taliabu Sutomo Teapon, saat dihubungi melalui telepon, Sabtu.

Sutomo mengemukakan, kapal yang mengalami kecelakaan itu sesuai manifest mengangkut 91 penumpang dan 12 ABK. Namun saat ini yang sudah berhasil dievakuasi sebanyak 138 jiwa yang terdiri dari penumpang dan anak buah kapal.

“Dari jumlah jiwa yang berhasil dievakuasi tim SAR menemukan korban selamat 126 orang dan meninggal 12 orang. Sisanya 8 orang masih dalam pencarian,” kata dia.

Sutomo mengatakan jumlah korban yang ada dalam kapal tersebut saat ini diidentifikasi mencapai sebanyak 146 jiwa. “Karena manifest yang disampaikan tidak sesuai dengan jumlah penumpang yang ada di dalam kapal,” jelas Sutomo.

Sutomo menceritakan, mengenai informasi diketahuinya kebakaran kapal tersebut berawal dari sambungan radio milik Syahbandar Pelabuhan Banggai Laut.

“Bahwa ada kebakaran yang menimpa KM Fungka Permata V tujuan Taliabu saat sedang berlayar di perairan laut Desa Togong Sagu, Pulau Sagu,” kata Sutomo.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut selanjutnya dilakukan koordinasi dengan TNI Banggai Laut, Polsek Bangurung, Badan SAR Nasional, Syahbandar Banggai Laut, KP3 dan BPBD Banggai Laut untuk melakukan evakuasi terhadap para korban.”

Sutomo menambahkan, Tim SAR Gabungan saat ini masih melakukan pencarian terhadap korban yang dinyatakan hilang. “Kalau sudah selesai baru diinformasikan lagi,” kata Sutomo.

Author: Aswad Pawa

Editor: Redaksi