oleh

Kota Tidore Kembangkan Sumber Pangan Alternatif

Dinas Ketahanan Pangan Kota Tidore Kepulauan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Tidore Kepulauan menggelar lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman berbasis sumberdaya lokal, di Gedung Dharma Wanita, Senin (6/8/2018) pagi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tidore Kepulauan Iskandar Halil mengemukakan, gelaran tersebut untuk menggali dan mengembangkan sumber pangan alternatif non beras berbasis pangan lokal. Sehingga Tidore bisa memiliki makanan khas daerah sendiri.

“Juga untuk menumbuhkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) agar meningkatkan kualitas hidup serta mengangkat citra makanan khas daerah supaya digemari dan mampu bersaing dengan makanan modern,” katanya kepada Kieraha.com, Senin.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulamah Ali Ibrahim berharap, masing-masing peserta lomba tersebut dapat berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan sebuah menu lokal yang dapat memenuhi kebutuhan serta kecukupan gizi keluarga dengan murah dan mudah.

Lomba Cipta Menu B2SA 2018 ini merupakan upaya Pemkot Tidore Kepulauan dalam menggali potensi dan mengangkat martabat pangan lokal. Ibu-ibu peserta lomba setelah kegiatan tersebut diharapkan lebih kreatif lagi dalam menciptakan dan menyajikan menu makanan bagi keluarga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber pangan lokal dengan sumber karbohidrat selain beras dan tepung terigu.

Author: Iriyanti Chandra

Editor: Redaksi