oleh

Perketat Pengawasan Jajanan Berbuka Puasa di Ternate

Dinas Kesehatan Kota Ternate meningkatkan pengawasan penjualan makanan dan minuman yang beredar selama Puasa Ramadan 1440 Hijriah.

“Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan makanan yang dijual di pasaran sudah aman untuk dikonsumsi masyarakat,” kata dra Fathiyah Suma, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, ketika dikonfirmasi, Rabu (15/5/2019).

Ia mengemukakan, pelaksanaan pengawasan makanan dan minuman tersebut dilakukan bersama Balai Pengawasan Obat dan Makanan.

Terkait dengan keamanan makanan dan minuman takjil di Ternate, kata Fathiyah, Dinas Kesehatan telah melakukan uji sample beberapa makanan serta 60 sample makanan jajanan yang diambil di beberapa lokasi, seperti di Pasar Higenis Bahari Berkesan, Pasar Dufa-Dufa, dan di sekitar Taman Nukila.

“Hasil uji sample di lokasi ini semuanya negatif. Tidak ada pedagang yang menggunakan bahan berbahaya dalam makanan maupun minuman,” katanya.

Dari hasil uji sample ini, lanjut Fathiyah, menunjukkan pedagangan makanan dan minuman di Ternate sudah sadar.

Meski begitu, ia mengimbau kepada pedagang agar tidak menggunakan bahan berbahaya dalam membuat makanan dan minuman berbuka puasa.

“Yang pasti selama Ramadan kami akan terus melakukan pegawasan ketat terhadap semua makanan maupun minuman yang dijual,” tambahnya.

Safrin Samsudin Gafar
Author
BAGIKAN