oleh

Pulau Pogo-Pogo Akan Jadi Destinasi Wisata Baru di Halmahera Selatan

Pulau Pogo-Pogo yang terletak di Kecamatan Bacan Barat akan menjadi destinasi wisata baru di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Kawasan pulau itu sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat. Pada 2018 akan dibangun akses jalan dan jembatan menuju pulau tersebut.

Bupati Bahrain Kasuba mengatakan saat ini pemda sedang berupaya mengenalkan potensi bahari yang dimiliki pulau itu. Dirinya berencana menjadikan pulau itu sebagai salah satu ikon wisata nasional.

BACA JUGA

Pesona Spot Diving Kota Bahari

Bantuan Nelayan di Pulau Surga yang Terlupakan

Widi Siap Jadi Destinasi Wisata Mancing Kelas Dunia

“Sekarang sudah mulai ada wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Pulau Pogo-Pogo. Bahkan dari kalangan pejabat juga mulai berlibur ke sana,” ujar dia saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Datangkan PAD

Bahrain mengatakan pengembangan potensi bahari di kabupaten itu bertujuan mendatangkan pendapatan asli daerah atau PAD maupun pendapatan bagi ekonomi masyarakat kecil yang hidup di sekitarnya.

Mantan Ketua DPRD Halmahera Selatan itu mengatakan pengembangan Pulau Pogo-Pogo meliputi infrastruktur pariwisata maupun sarana penunjang lainnya.

“Ini sudah menjadi program pemerintah daerah pada 2018 nanti. Akan dibangun akses jalan dan jembatan dari Belang-Belang hingga Bacan Barat,” sambung dia.

Hutan mangrove Halmahera Selatan

Sebelumnya destinasi wisata itu hanya pulau biasa. Seiring berjalannya waktu, pemda setempat mulai menggali potensinya.

Pulau Pogo-Pogo saat ini sudah dibangun homestay untuk para pengunjung. Pulau Pogo-Pogo dapat ditempuh menggunakan transportasi laut kurang lebih satu jam perjalanan dari Bacan, ibukota Kabupaten Halmahera Selatan.

Di sana, selain ikan hias yang banyak didapat, juga ditemukan Danau Manjanga dan keindahan lainnya yang cukup mumpuni. Selain itu, ada coral reef atau terumbu karang yang masih terjaga dan alami.

Suparto Mahyudin

Bagikan

Komentar

Tinggalkan Balasan