oleh

Rayakan HUT ke 50 Antam UBPN Malut Bagikan Emas Batangan di Halmahera

PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara saat ini telah mencapai usianya yang ke 50 tahun. Usia yang dalam perjalanan kehidupan manusia merupakan usia matang bagi seseorang dalam berpikir dan bertindak, tentunya dalam perjalanan ini telah melewati ragam rintangan dan tantangan. Itu semua akan menjadi motivasi PT Antam Tbk untuk terus maju dan berkembang.

Demikian, disampaikan General Manager PT Antam Tbk UBPN Malut, Purwanto saat memberikan sambutan, di HUT ke 50 Antam UBPN Malut, Kamis, 5 Juli 2018.

Perayaan HUT bertajuk 50 Golden Years Golden Future ini dipusatkan di halaman Kantor ERG PT Antam Tbk UBPN Malut. Pada perayaan HUT ke 50 ini dirangkaikan dengan momen halal bihalal. Hadir Direktur Marketing PT Antam Tbk Tatang Hendra, Asisten III Bupati Halmahera Timur Tamrin Bahara, VP Operation Imron Rosidin, VP CHF H.I Ryan Sjah, Camat Maba Robert Barbakem, tamu undangan stakeholder lainnya serta seluruh Insan Antam.

Pada perayaan HUT ke 50 ini, PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara juga memberikan apresiasi kepada 17 pelajar terbaik di sekolah sekitar wilayah operasi perusahaan. Apresisasi yang diberikan berupa emas batangan kepada masing-masing pelajar sebesar 2 gram.

“Apresiasi ini untuk meningkatkan motivasi siswa-siswi agar lebih giat belajar untuk menggapai cita-citanya, sehingga kedepannya mereka dapat kembali untuk turut memberikan kontribusi pada pembangunan di Kabupaten Halmahera Timur,” ujar Purwanto melanjutkan.

Ia mengemukakan, perayaan HUT ke 50, Antam UBPN Malut melakukan berbagai kegiatan antara lain sunatan massal yang diikuti 64 orang, pasar murah keluarga prasejahtera sebanyak 1.500 paket di Maba dan Kota Maba, baksos Suku Tobelo Dalam 50 orang di Wasile Halmahera Timur, apresiasi pelajar terbaik di sekitar wilayah operasi perusahaan, pengibaran bendera bawah laut, Antam Goes To School, dan launching Kopi Halmahera.

Atas nama PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara, Purwanto menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada karyawan dan karyawati Antam serta seluruh mitra Antam atas capaian standar kesehatan dan keselamatan kerja (K3), yaitu zero fatality di operasional Antam.

“Karena dengan diraihnya penghargaan safety yang diberikan oleh Kementerian ESDM RI ini juga menjadi sebuah prestasi dalam bidang pengelolaan K3 yang sangat luar biasa,” katanya menambahkan.

Bupati Halmahera Timur yang diwakili oleh asisten III bupati Tamrin Bahara, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Halmahera Timur untuk terus mendukung investasi dan pembangunan PT Antam Tbk UBPN Malut khususnya yang ada di Kecamatan Maba dan Kecamatan Kota Maba.

“Mari bersama-sama mendukung dan menjaga seluruh aset Antam sebagai aset negara, sekaligus sebagai aset pembangunan Halmahera Timur dengan mendukung penuh proses pembangunan pabrik Feronikel di Tanjung Buli untuk dapat beroperasi pada 2019 nantinya,” ujar dia.

“Tak lupa, ucapan terimakasih kepada Antam yang sudah banyak berkontribusi dalam pembangunan melalui investasi smelter dan penambangan maupun kegiatan pengembangan masyarakat di Halmahera Timur. Kedepannya, ini diharapkan terus ditingkatkan, sehingga dapat mendorong percepatan program-program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.”

Tatang Hendra, Direktur Marketing PT Antam Tbk, juga berharap kepada seluruh masyarakat dan stakeholder agar mendukung penuh pembangunan smelter P3FH di Tanjung Buli. “Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 66,48 persen. Jika tak ada hambatan insya Allah pembangunan ini kita akan commissioning November nanti,” kata Tatang.

“Berkaca pada beberapa tahun lalu, PT Antam sempat mengalami masa-masa penuh tantangan yang disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal. Meski begitu, kita patut berbangga karena saat ini kondisi perusahaan ini sudah berangsur membaik dengan berbagai pencatatan kinerja yang positif, baik secara finansial maupun secara operasional.”

Namun demikian, lanjut Tatang, berharap seluruh Insan Antam tidak cepat berpuas diri. “Pencapaian kinerja positif ini kiranya dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus menerus meningkatkan etos kerja dan profesionalisme dalam menjalankan segala kegiatan operasional guna mempertahankan pencapaian positif yang telah tercatatkan ini,” katanya.

“Dengan dukungan dan komitmen seluruh Insan Antam, kami meyakini Antam kedepannya akan semakin kuat dan kokoh dalam bersaing di pasar global sebagai perusahaan pengelola komoditas inti nikel, emas, dan bauksit,” Tatang melanjutkan.

Tentang Kopi Halmahera

Kegiatan perayaan HUT ke 50 PT Antam Tbk UBPN Maluku Utara ini ditutup dengan kegiatan launching Kopi Halmahera, Kopi Torang Samua (kopi kita semua dalam bahasa Indonesia). Kopi Halmahera merupakan produk hasil program unggulan CSR UBPN Malut untuk pengembangan pertanian dan perkebunan kopi masyarakat di sekitar operasi perusahaan.

“Antam menyadari bahwa sumberdaya tambang tidak dapat diperbaharui sehingga perlu dikembangkan ekonomi masyarakat yang dapat diperbaharui serta sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Jenis kopi yang dibudidaya merupakan jenis kopi robusta, jumlah areal kebun kopi masyakat yang sudah tertanam sekitar 80 hektar yang tersebar di Kecamatan Maba dan Kecamatan Kota Maba, Halmahera Timur. Kedepannya diharapkan Kopi Halmahera ini dapat menjadi alternatif pendapatan ekonomi masyarakat dan menjadi produk kebanggaan masyarakat Halmahera,” GM UBPN Malut, Purwanto memungkasi.

Author: Iriyanti Chandra

Editor: Redaksi