HomeMaluku UtaraHalmaheraSekda Halmahera Selatan Penuhi Panggilan Panwaslu

Sekda Halmahera Selatan Penuhi Panggilan Panwaslu

Sekretaris daerah Helmy Surya Botutihe akhirnya memenuhi panggilan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (10/1/2018).

Helmy dipanggil untuk mengklarifikasi kehadirannya, di acara syukuran bakal calon gubernur Maluku Utara Muhammad Kasuba di Desa Babang, Bacan Timur, pekan lalu.

Helmy sebelumnya mangkir. Namun pada pemanggilan keduanya tersebut, dirinya kemudian hadir memberikan keterangan.

BACA JUGA

Besaran Gaji PTT Halmahera Selatan 2018

Ketua Panwaslu Kahar Yasim mengatakan semua Aparatur Sipil Negara atau ASN yang diduga terlibat dalam politik praktis akan dipanggil. Dia mengemukakan, di dalam edaran Menpan RB, PNS atau ASN itu dilarang mendukung balongub.

“Bagi semua PNS maupun kepala desa yang diduga terlibat politik tetap kita periksa, termasuk sekda Helmy Surya karena ia menghadiri acara syukuran bakal calon gubernur Malut Muhammad Kasuba beberapa waktu lalu,” ujar dia.

Anggota Panwaslu Halid A Radjak menambahkan, beberapa kepala dinas juga akan dimintai keterangan karena menghadiri acara deklarasi pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Abdul Gani Kasuba dan M Al Yasin Ali atau AGK YA di Labuha, beberapa waktu lalu.

“Jadi mereka yang diduga terlibat mendukung akan dimintai keterangan. Termasuk sekda yang hadir di acara syukuran dan beberapa kepala dinas di acara AGK YA. Alhamdulillah sudah ada 6 PNS yang memenuhi panggilan dan memberikan keterangan,” ujar Halid menambahkan.

Author: Ifha Thia

Editor: Redaksi

Bagikan