oleh

Tata Cara Kades Terpilih Rombak Perangkat Desa

Bagi Kades terpilih yang baru dilantik, diimbau agar tidak langsung merombak dan melakukan pergantian Perangkat Desa yang sedang menjalankan tugas.

Ketua DPC Apdesi Kabupaten Halmahera Barat, Rustam Fabanyo menyatakan, pergantian Perangkat Desa ini dimuat dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP Nomor 43 Tahun 2014.

“Peraturan dan UU ini menjelaskan bahwa Kades atau Kepala Desa sebelum melakukan pergantian Perangkat Desa harus melakukan koordinasi,” kata Rustam, kepada Kieraha.com, melalui pesan WhatsApp, Selasa pagi.

Rustam menyatakan, masa jabatan Perangkat Desa berbeda dengan masa jabatan Kades. “Masa jabatan Kades sesuai ketentuan adalah enam tahun terhitung sejak dilantik. Sedangkan perangkat Desa diangkat sesuai usia.”

Kepala Desa Gamlamo itu, meminta Perangkat Desa yang sedang bertugas dan yang akan dilantik agar selalu aktif dalam menjalankan tugasnya.

“Lain hal kalau Perangkat Desa ini yang secara nyata tidak melaksanakan tugas serta dibuktikan dengan absen, maka Kepala Desa berhak mengambil sikap tegas. Baik melakukan pemberhentian dan lainnya sesuai aturan,” ujarnya.

DPC Apdesi Halmahera Barat, lanjut Rustam berharap, Kepala Desa yang baru dilantik untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Kecamatan maupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Halmahera Barat dalam segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan Desa.

“Ini supaya tugas dan tanggungjawab dapat dimaksimalkan, serta dapat menepis permasalahan-permasalahan yang akan terjadi,” kata Rustam lagi.

Author: Irawan Lila

Editor: Redaksi

BAGIKAN