oleh

Tempat Ngabuburit yang Asik di Ternate

Beragam lokasi wisata di Ternate bisa menjadi pilihan warga Muslim menghabiskan waktu sambil menunggu berbuka puasa. Panorama alam bahari dan sejarah di kota bermoto Bahari Berkesan itu keren dan lengkap—sebagiannya dekat dengan masjid.

Untuk menikmati momen puasa Ramadan di Ternate dengan panorama yang teduh dan asik, pengunjung bisa menyambangi beberapa tempat wisata pusat kota itu.

Pantai Falajawa

Pantai ini terletak di Kelurahan Muhajirin, Ternate Tengah, Ternate. Pantai ini ditata pemkot Ternate sebagai salah satu lokasi wisata yang favorit.

Pantai Falajawa. (Sany Rais)

Di sana, Anda akan menemukan panorama gunung dan air pantai yang bening. Cocok bagi Anda yang senang berswafoto atau foto selfie.

Pada lokasi ini cocok untuk dijadikan tempat ngabuburit bersama teman, sahabat maupun keluarga. Di sana terdapat ragam menu takjil khas Ternate dan menu lainnya untuk berbuka puasa.

Selain itu, tempat ini sangat dekat dengan masjid dan pusat pertokoan di kota itu. Anda tinggal berjalan kaki menyusuri indahnya pemandangan di Pantai Falajawa.

Landmark Ternate

Landmark Ternate berdekatan pula dengan Pantai Falajawa. Lokasinya berdampingan dengan Jembatan Residen Ternate. Memiliki keindahan yang sudah populer, bahkan di tempat itu termasuk ikon–nya Ternate.

Landmark. (Dok PU Ternate)

Landmark terletak di Jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. Di sana, Anda juga bisa menikmati puncak Pulau Tidore, Pulau Maitara, dan Sofifi, ibu kota provinsi Maluku Utara. Bila beruntung, di malam hari Anda juga bisa menikmati air mancur dan lampu-lampu khas berwarna warni ala ikon Ternate itu.

Taman Nukila

Taman Nukila merupakan sebuah ruang terbuka hijau yang dibuat pemkot Ternate untuk warga masyarakat yang senang berwisata dalam kota. Di taman ini, dekat dengan beberapa rumah makan populer di Ternate.

Taman Nukila. (Fanny Rasti)

Pantai Nukila juga bersebelahan dengan Masjid Raya Almunawwar Ternate. Selain lokasinya yang sejuk, juga terdapat tempat bermain untuk anak-anak. Di depan taman itu terdapat pula beberapa menu takjil yang dijual warga sekitar.

Benteng Oranje

Penataan Benteng Oranje di Ternate juga memiliki konsep edukasi. Ada sekitar 20 koleksi jenis meriam perang peninggalan penjajah di massa kemerdekaan dulu.

Benteng Oranje. (Iriyanti Chandra)

Di Benteng Oranje, Anda bisa menemukan berbagai lanskap dan model bangunan Belanda, dan tugu kemerdekaan yang diresmikan Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Di lokasi tersebut juga berdekatan dengan Terminal Angkutan Umum, Pasar Tradisional, dan Tapak II sebagai pelengkap di lokasi yang berada pada wilayah Kelurahan Makassar Barat, Ternate Tengah itu.

Tempat-tempat ini asik dan lengkap untuk dijadikan sebagai lokasi ngabuburit bagi Anda yang senang panorama alam di luar rumah.

Iriyanti Chandra

Komentar

News Feed