oleh

Total Surat Suara Pilgub Malut yang Tiba di Ternate

Sebanyak 766.442 lembar surat suara Pilgub Malut tiba di Ternate, Rabu (30/5/2018) sore. Pengamatan Kieraha.com, ratusan ribu surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur itu saat tiba, di Pelabuhan Ahmad Yani, Kotabaru, Ternate, setelah dibongkar dari kontainer langsung didistribusikan ke sepuluh Kabupaten Kota.

Hadir Ketua KPU Maluku Utara, Syahrani Somadayo beserta jajarannya, menyaksikan proses bongkar muat dan pendistribusian surat suara Pilgub Malut 2018 itu.

Syahrani saat disambangi Kieraha.com, mengatakan bahwa pendistribusian langsung dilakukan sore itu juga guna mempercepat proses penyortiran yang dilakukan di Sekretariat KPU Kabupaten Kota wilayah Provinsi Maluku Utara.

“Ini supaya kita tahu berapa jumlah surat suara yang utuh dan berapa jumlah surat suara yang rusak, ” katanya kepada Kieraha.com, di Ternate, Rabu sore.

Syahrani menjelaskan, surat suara tersebut tidak diperuntukkan bagi DPT tambahan. Surat suara yang tiba jumlahnya sesuai rincian kebutuhan yang disajikan Kieraha.com dalam bentuk grafis.

“Kita sudah lakukan pemutakhiran data berulangkali, ternyata masih ada warga masyarakat yang tidak terdata. Jadi kami sarankan bila kehabisan surat suara pada saat pencoblosan nanti, maka (pemilih tambahan yang tidak masuk DPT) akan dialihkan ke TPS terdekat yang masih ada surat suaranya,” kata Syahrani.

Author: Munawir Taoeda

Editor: Redaksi

Komentar

News Feed