oleh

13 Desa Terpencil di Obi Maluku Utara Dapat Bantuan Sapi Kurban

Sebanyak 13 desa terpencil di wilayah Obi Halmahera Selatan, Maluku Utara mendapat bantuan 13 ekor sapi untuk menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020.

Hewan kurban ini merupakan pemberian dari perusahaan tambang PT Harita Nickel yang beroperasi di wilayah sekitar desa setempat.

Tiga belas desa yang dapat bantuan sapi ini adalah Desa Kawasi, Soligi, Laiwui, Jikotamo, Air Mangga Indah, Buton, Akegula, Anggai, Sambiki, Baru, Fluk, Gambaru, dan Desa Kelo. Sementara 1 ekor sapi lainnya diserahkan kepada Pemda Halmahera Selatan di Bacan.

Anie Rahmi, Corporate Communication Harita Nickel, mengatakan penyerahan hewan kurban ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan antar sesama umat khususnya di wilayah tersebut.

“Semua hewan kurban sapi yang dibeli dari peternak lokal di Pulau Obi ini mulai dibagikan secara bertahap sejak 25 Juli hingga 31 Juli 2020 atau saat Hari Raya Idul Adha tiba. Pengadaan sapi dari warga setempat juga merupakan proses pemberdayaan masyarakat sekitar,” kata Anie sesuai rilis yang ditulis, kepada kieraha.com, melalui pesan WhatsApp, di Ternate, Senin malam, 27 Juli 2020.

Bantuan hewan kurban tersebut, sebut Anie, diharapkan dapat membantu meringankan warga terdampak pandemi yang juga akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Anie mengajak kepada warga masyarakat setempat yang akan melakukan pemotongan hewan kurban agar dilakukan dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan Covid-19.

“Masyarakat tetap harus menggunakan masker dan sedapat mungkin menjaga jarak dalam proses pelaksanaan kurban. Di lokasi pelaksanaan juga sebaiknya disediakan tempat mencuci tangan sebagai upaya kita menjaga masyarakat dari paparan Covid-19,” lanjut Anie.

“Semoga Idul Adha ini menjadi pendorong bagi umat untuk saling menguatkan, khususnya di masa pandemi ini. Mari kita semua berdoa agar pandemi ini cepat berlalu dari bumi pertiwi, khususnya di Maluku Utara,” tutup Anie. **

Khaira Ir Djailani
Author
Bagikan Kabar Anda