oleh

194 TKA Asal China di Maluku Utara Pulang Kampung

Sebanyak 194 Tenaga Kerja Asing atau TKA asal China pulang kampung melalui Bandara Sultan Babullah, di Akehuda, Ternate Utara, Rabu sore hingga Kamis, 14 Mei 2020.

Ratusan TKA ini adalah karyawan perusahaan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park atau IWIP. Perusahaan tambang nikel ini beroperasi di Desa Sawai, Kabupaten Halmahera Tengah.

Diinformasikan para TKA ini pulang kampung melalui Ternate untuk terbang menuju Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Lion Air dari Bandara Sultan Babullah pukul 16.00 WIT.

Muhajir, Koordinator Kantor Kesehatan Bandara Sultan Babullah menjelaskan, para TKA ini menuju Jakarta untuk kembali ke China karena masa kontrak di perusahaan PT IWIP berakhir.

“Untuk saat ini direncanakan sebanyak 155 warga negara China yang akan berangkat. Sebelum terbang mereka mengikuti pemeriksaan rapid test. Semua non reaktif. Sisanya 39 orang berangkat Kamis (14 Mei) juga akan diperiksa rapid test,” kata Muhajir, kepada wartawan, Rabu, 13 Mei 2020.

Menurut Muhajir, sebelumnya para TKA ini sudah dilakukan pemeriksaan rapid test di lokasi perusahaan. Namun tidak disertai surat keterangan sehingga dilakukan pemeriksaan ulang menggunakan rapid test untuk pencegahan wabah virus corona Covid.

“Pemeriksaan rapid test ini sebagai bukti yang lebih kuat lagi, sehingga perusahaan siapkan alat rapid dan kami lakukan pemeriksaan ulang di lokasi bandara,” sambung Muhajir.

Bagikan Kabar Anda