oleh

2 Kapal Perang Siaga di Laut Widi Halmahera

Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate, Maluku Utara, mulai melakukan pengamanan ekstra di laut perairan Kepulauan Widi, Halmahera Selatan. Sebanyak dua armada kapal perang yang disiagakan.

“Pada prinsipnya kami (TNI AL) selalu siap melakukan pengamanan ivent WIFT 2017,” kata Komandan Lanal Ternate Kolonel Laut Pelaut Rizaldi, ketika dikonfirmasi melalui telepon, Selasa, 10 Oktober 2017.

Danlanal mengatakan pengamanan dan patroli laut di perairan setempat dan sekitarnya guna memastikan kelancaran pelaksanaan lomba mancing atau Widi International Fishing Tournament (WIFT) yang akan dibuka dan hadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA

Siap-Siap Widi Foto Contest di WIFT 2017

Widi Jadi Destinasi Mancing Terbaik Dunia

“Sehingga ada 2 armada kapal yang dimiliki Lanal (Pangkalan TNI AL) Ternate, yakni KAL Tidore dan Loloda, serta 1 Searider yang setiap saat melakukan pengamanan dan patroli. Ini dalam rangka kelancaran lomba WIFT 2017 di Halmahera Selatan,” kata dia.

“Begitu juga dengan prajurit TNI AL akan dilibatkan, baik untuk pengamanan sebelum dan sesudah pelaksanaan WIFT pada 25-27 Oktober 2017, dengan jumlah personel lebih dari 100 orang akan kita siapkan dan disebarkan pada beberapa tempat dan perairan yang akan dilalui peserta WIFT.”

Rizaldi mengemukakan, untuk ketentuan pengamanan di darat, pihaknya masih menunggu hasil koordinasi bersama seluruh stakeholder terkait kegiatan itu. Baik pengamanan personel Polda maupun Korem 152 Babullah beserta jajaran masing-masing.

“Kalau pengamanan di laut, TNI AL bekerjasama dengan Ditpolair Polda Maluku Utara, Basarnas Ternate, BPBD Maluku Utara, Bea Cukai Cabang Ternate, BMKG, dan Kantor Imigrasi serta instansi terkait lainnya di Maluku Utara,” sambung dia.

Author: Khaira Ir Djailani

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar