oleh

214 Warga Pulau-Pulau Maluku Utara Berebut Tiket Liga Dangdut Indonesia

Sebanyak 214 peserta mengikuti audisi Liga Dangdut Indonesia atau LIDA yang digelar Indosiar di aula Polres Ternate, Jalan Hasan Esa, Kelurahan Takoma, Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (19/11/2019).

Planning, Scheduling, Research, Development (PSRD) Divison Head Ekin Gabriel, mengatakan ajang pencarian bakat terbesar pertama kali di Indonesia itu bertujuan menjaring talenta-talenta penyanyi dangdut di 34 kota di Indonesia.

“Untuk pelaksanaan audisi di kota Ternate (Maluku Utara) dilakukan secara serentak bersamaan dengan audisi di Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Selatan,” kata dia saat disambangi KIERAHA.com Minggu sore.

BACA JUGA

Audisi Terbesar Liga Dangdut Indonesia Digelar di Ternate

Ekin mengemukakan, jumlah peserta audisi di kota berjuluk Bahari Berkesan itu mencapai 300 lebih, hanya sebagiannya tidak memenuhi syarat karena kelebihan usia.

Peserta audisi LIDA di Ternate. (KIERAHA.com)

“Sehingga yang resmi terdaftar sebagai peserta hanya 214 orang. Mereka dari Pulau Ternate, Tidore, Bacan (Halmahera Selatan), Jailolo dan Sidangoli (Halmahera Barat), Sanana (Kepulauan Sula), Tobelo, Galela dan Malifut (Halmahera Utara), Pulau Taliabu, serta Pulau Morotai,” ujar dia.

Ekin menjelaskan kompetisi itu ditujukan kepada pria dan wanita berusia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut.

“Dari setiap provinsi akan dipilih lima peserta terbaik yang akan melanjutkan kompetisi di Jakarta dan tampil on air dengan program Konser Nominasi untuk mencari juara provinsi melalui polling SMS,” jelas dia.

Satu peserta terbaik tiap provinsi, sambung Ekin, berhak melaju ke putaran final dan bertemu dengan seluruh juara dari provinsi lainnya. “Untuk pertama kalinya bakat-bakat dangdut terbaik dari 34 provinsi di Indonesia ini akan berkompetisi dalam satu panggung dengan membawa berbagai kekayaan budaya di tiap daerah,” kata dia.

Audisi liga dangdut tersebut dilaksanakan sehari sejak pukul 08.00 WIT hingga selesai. Sebelumnya audisi serupa telah berlangsung di Gorontalo, Bengkulu, Maluku, Jambi, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara.

Bagikan Kabar Anda

Komentar