oleh

3 Kabupaten di Maluku Utara Rawan Bencana Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Maluku Utara menyebut tiga kabupaten di Maluku Utara rentan terhadap bencana banjir.

Kabupaten ini adalah Pulau Taliabu, Kepulauan Sula, dan Halmahera Tengah.

BACA JUGA

Waspada Dampak La Nina Berpotensi Terjadi di Maluku Utara

“Daerah ini rentan terhadap bencana banjir jika terjadi hujan lebat,” kata Kepala Pelaksana BPBD Maluku Utara, Yunus Badar, ketika disambangi usai apel siaga bencana dampak La Nina, di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Salero, Ternate Utara, Rabu 4 November 2020.

Fenomena La Nina diperkirakan berlangsung bulan ini hingga Maret 2021 di Maluku Utara, ini akan menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa kabupaten kota akibat naiknya curah hujan dan meningkatnya intensitas hujan.

Dalam rangka menghadapi dampak fenomena La Nina, lanjut Yunus, pihak BPBD Provinsi Maluku Utara akan fokus terhadap daerah-daerah dengan potensi bencana tersebut.

“Apalagi berdasarkan data dari BMKG bahwa Malut berpotensi terjadi sistem iklim global bencana La Nina, untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat di Malut agar selalu ikhtiar dengan menaati imbauan-imbauan yang dikeluarkan pemerintah,” sambung dia.

Rian Basri
Author
Bagikan Kabar Anda