oleh

3 Kartu ‘Sakti’ AGK YA untuk Maluku Utara Sejahtera

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 3, Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali, memiliki tiga kartu sakti untuk melayani masyarakat ‘Maluku Utara Sejahtera 2023’.

Kartu Maluku Utara ini adalah Kamu Sehat, Kamu Cerdas, dan Kamu Tumbuh.

Juru Bicara Paslon Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK YA), Safruddin Umahuk menyatakan, ketiga Kartu Maluku Utara ini akan diterapkan pada 2018-2023.

“Kamu Sehat merupakan subsidi jaminan kesehatan kepada 33.000 penduduk Maluku Utara berpenghasilan rendah. Kartu ini menjamin seluruh masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan secara baik dan berkelanjutan,” kata Dino begitu ia disapa, Senin (14/5/2018).

Kamu Cerdas, lanjut Dino, akan diberikan melalui bantuan beasiswa sebesar Rp 3 juta per tahun kepada siswa potensi putus sekolah di Maluku Utara. Ini dilakukan untuk menekan angka putus sekolah siswa usia 13-15 tahun di provinsi berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu.

“Melalui Kartu Maluku Utara Cerdas ini, paslon AGK YA mempunyai target meningkatkan Angka Partisipasi Murni pada usia sekolah 13-15 tahun dari 75,68 persen menjadi di atas 90 persen, dan menaikkan rata-rata lama sekolah dari 8,5 tahun menjadi di atas 9 tahun, sekaligus memberikan konstribusi pada peningkatan IPM rata-rata Maluku Utara menjadi 70.33,” ujar Dino.

Sementara, untuk Kartu Maluku Utara Tumbuh, kata Dino, merupakan kartu jaminan keselamatan atau asuransi jiwa bagi pelaku Usaha Kecil Menengah maupun Industri Kecil Menengah, nelayan serta petani yang berjumlah 27.000 orang di Maluku Utara.

“Dengan pelayanan kartu ini pasangan calon gubernur dan wakil gubernur AGK YA menargetkan penurunan angka pengangguran Maluku Utara di bawah 5 persen,” sambung dia.

Bakal calon anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Dapil Sula ini menjelaskan, ketiga kartu tersebut merupakan pelayanan konkret dari visi AGK YA ‘Maluku Utara Sejahtera 2023’.

“Visi ini dijabarkan dalam 7 misi utama, yaitu misi sehat, cerdas, maju, aman, harmonis, tumbuh, dan misi berakhlak,” kata Dino melanjutkan.

Iriyanti Chandra

BAGIKAN

Komentar