oleh

3 Pasang Calon Independen Pilgub Malut Masih Was-Was

Suryati Armaiyn dan HM Natsir Thaib atau Suryati Manthab resmi menyerahkan dokumen syarat dukungan bakal calon independen pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara 2018, di Kantor KPU Maluku Utara, Jalan Anggrek Nomor 9, Ternate, Minggu, 26 November 2017, pukul 11.45 malam WIT.

Anggota DPD RI dan Wakil Gubernur Maluku Utara aktif itu, memasukkan berkas persyaratan dukungan calon perseorangan ditemani mantan gubernur dua periode Thaib Armaiyn, dan istri wakil gubernur HM Natsir Thaib beserta pendukung.

Penyerahan berkas dokumen syarat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Suryati Manthab itu diterima oleh Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo.

Bakal Calon Gubernur Malut Suryati Armaiyn mengatakan dirinya memilih maju pilgub Malut 2018 melalui jalur independen merupakan suatu kehendak Tuhan.

BACA JUGA

Istri Mantan Gubernur Malut Gandeng Natsir Maju Pilgub 2018

19 Tokoh Maluku Utara Siap Dukung AHM Gubernur

Kalaupun rahmat memimpin tersebut turun kepada dirinya dan HM Natsir Thaib selaku wakil gubernur, maka keduanya ingin melanjutkan pembangunan jilid satu yang sudah diletakkan oleh mantan Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn.

Dia mengaku, berpasangan dengan HM Natsir Thaib merupakan sebuah kejutan untuk masyarakat Maluku Utara yang selama ini mendambakan perubahan.

“Pak Natsir adalah sosok birokrat yang berpengalaman. Beliau mengetahui persoalan-persoalan di pemerintahan provinsi Maluku Utara saat ini. Sehingga saya memilih beliau bersama-sama untuk saling melengkapi,” ujar Suryati.

Dia mengemukakan visi mereka kedepan, tentunya dari desa membangun Maluku Utara. Yang itu sudah dilakukan oleh mantan gubernur Thaib Armaiyn.

“Untuk jilid satu yang sudah dibangun oleh mantan Gubernur Thaib Armaiyn, saya ingin melanjutkan pembangunannya pada jilid dua. Sehingga saya dan pak Natsir minta doa dan dukungan dari masyarakat Maluku Utara dan umumnya untuk bisa memenangkan pesta demokrasi pilkada serentak 2018 mendatang,” ujar dia.

Dukungan Terbanyak dari Ternate dan Halmahera

Pasangan Suryati Manthab maju pilgub Malut mendapat dukungan KTP paling banyak dari Kota Ternate yaitu 30 ribu lebih dan Halmahera Utara 19 ribu lebih. Sisanya tersebar di 6 kabupaten/kota lainnya di provinsi setempat.

Pasangan Suryati Manthab saat mendaftar di KPU

Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo mengatakan berdasarkan dokumen soft copy KTP dukungan yang diserahkan Suryati Manthab sudah resmi teregistrasi di Silon KPU. Data KTP tersebut akan di submit ke website KPU.

“Total dukungan soft copy KTP (dari pasangan Suryati Manthab) yang sudah resmi teregistrasi di Silon KPU itu jumlahnya sebanyak 94.558 (110 persen dari jumlah syarat minimal 85.771 dukungan yang tersebar di minimal 6 kabupaten/kota),” kata Syahrani ketika disambangi KIERAHA.com usai penyerahan berkas Suryati Manthab.

Dia mengemukakan, hingga batas pemasukkan dokumen syarat dukungan bakal calon independen pada Minggu malam tadi pukul 00.00 WIT itu ada tiga bakal pasangan calon, yaitu pasangan Suryati Manthab, Yamin Tawari-Basri Amal atau YT Beramal, dan Imam Siswanto Boy Ratan-Anton Piga atau IMAN.

Syahrani menegaskan, syarat dukungan yang diterima KPU adalah surat pernyataan dukungan yang dilampirkan dengan foto copy setiap KTP dari pendukung masing-masing pasangan bakal calon independen pilgub Malut tersebut.

“Jika dokumen-dokumen yang diserahkan ini tidak disertai bukti pernyataan dukungan maka pasangan independen dinyatakan tidak lolos,” kata Syahrani melanjutkan.

Bagikan Kabar Anda

Komentar