oleh

3 Petahana Pilkada di Maluku Utara Kunci Rekomendasi Gerindra

Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra telah memastikan mengusung tiga bakal calon petahana dari daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Maluku Utara.

Taslim Aziz, Koordinator Wilayah Maluku dan Maluku Utara Partai Gerindra, menyatakan, untuk rekomendasi Pilkada Halmahera Selatan 2020 diberikan kepada pasangan calon petahana Bahrain Kasuba dan Luthfi Mahmud. Sementara dua petahana lainnya, lanjut Taslim, dari calon petahana Danny Missy di Halmahera Barat dan Frans Manery di Halmahera Utara.

“(Di luar Halmahera Selatan) sudah ditandatangani namun belum diserahkan. Begitu pun dengan rekomendasi di Taliabu diberikan kepada Muhaimin Syarif dan Ternate Muhammad Hasan Bay. Tinggal Kepulauan Sula, Halmahera Timur, dan Tidore yang belum,” ujar Taslim, ketika dikonfirmasi melalui via telepon, di Kota Ternate, Selasa 21 Juli 2020.

Taslim mengatakan rekomendasi Gerindra yang belum diserahkan ke pasangan bakal calon pilkada di Maluku Utara ini akan dituntaskan setelah Ketua Umum kembali dari Turki.

Menurut Taslim, Partai Gerindra dalam mengeluarkan rekomendasi tersebut dilakukan sampai akhir Juli 2020 dan mulai tangggal 1 Agustus 2020 baru disusun formulir B1 KWK.

“Partai Gerindra tidak ada surat tugas, jadi barang siapa yang mendapatkan rekomendasi maka sudah pasti Bakal Calon itu menerima (formulir) B1 KWK dan syarat yang dilakukan bagi kader Partai Gerindra, harus diamankan dan dimenangkan,” ucap Taslim.

Taslim menambahkan, setelah pemberian rekomendasi ini, Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada 2020 di Maluku Utara akan diundang DPP Gerindra untuk menghadiri rapat kerja daerah pada bulan Agustus 2020.

“Di situlah akan diberikan pakta integritas yang harus ditandatangani (para pasangan bakal calon) dan disertai penyerahan B1 KWK oleh Ketua DPD ke DPC Gerindra kepada Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” jelas Taslim.

Sahrul Jabidi
Author
BAGIKAN