oleh

300 Ribu Bibit Gratis untuk Warga Maluku Utara

BPDASHL Ake Malamo menyiapkan 300 ribu bibit pohon untuk masyarakat Maluku Utara. Bibit ini akan dibagikan secara gratis.

Pemberian bibit tersebut dalam rangka rehabilitasi hutan dan lingkungan di kawasan hutan lindung dan luar kawasan.

Entan Sofyan, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Ake Malamo Maluku Utara, mengemukakan, ratusan ribu bibit yang akan dibagikan secara gratis itu berupa bibit pala, kenari, dan durian (duren).

“Ini bibit yang berkualitas. Dapat diambil secara gratis oleh siapa saja,” ujar Entan, ketika disambangi Kieraha.com, usai menggelar sosialisasi pelaksanaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tahun 2019, di salah satu hotel, Ternate, Rabu (20/2/2019) siang.

Entan bilang, pengadaan bibit adalah bagian dari kegiatan RHL 2019. Ini untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi lahan dan hutan.

Kepada warga masyarakat yang memiliki lahan kebun agar bisa mengajukan permohonan pengambilan bibit-bibit tersebut.

“Cara mendapatkan bibit gratis ini, baik perorangan maupun kelompok, itu dapat dilakukan dengan memasukkan permohonan bantuan bibit ke BPDASHL Ake Malamo,” kata Entan.

“Kalau perorangan maka dilampirkan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili Maluku Utara, kalau kelompok diajukan oleh ketua kelompok tani dan dilampirkan dengan sket rencana penanaman. Kalau tidak ada sket maka tidak dilayani. Disket saja di Desa mana, luas lahannya berapa, nanti kita petakan.”

Entan mengimbau, bagi warga yang nantinya mendapat bantuan bibit agar dipergunakan dan tidak diperjual belikan. “Setiap permohonon akan dikontrol, monitoringnya benar ditanam atau tidak. Namun berdasarkan pengamatan kita selama ini, rata-rata bibit yang diberikan tersebut, ditanam di lahan milik masing-masing warga,” Kepala BPDASHL, Entan Sofyan memungkasi.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN