oleh

5 Titik Akses Internet Gratis di Ternate

Kota Ternate, Maluku Utara, terus mengembangkan sarana infrastruktur pendukung menuju Ternate Smart City. Sebanyak lima titik atau lokasi hotspot wifi gratis yang disiapkan di area publik.

Thamrin Marsaoly, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate, mengatakan lokasi titik internet berada di tempat yang banyak dikunjungi warga. Jangkauannya 500 meter.

“Meliputi kawasan Swalayan Taranoate, Pasar Gamalama, Taman Toboko, depan eks Kantor Gubernur dan Kantor Walikota Ternate,” kata Thamrin, Senin (20/2/2017).

Thamrin mengatakan program Ternate Smart City atau Ternate kota cerdas yang digagas tersebut bertujuan memberikan pelayanan yang baik dan positif kepada masyarakat setempat.

Di antaranya sebagai upaya pemerintah dalam memudahkan masyarakat menyalurkan keluhan atau masaalah yang terjadi di kelurahan atau lingkungan masing-masing melalui layanan internet gratis.

“Untuk perangkatnya sudah ada, tinggal beberapa fasilitas pendukung Ternate Comand Center (pengendali hotspot wifi gratis). Sehingga sehari dua baru dipasang,” katanya.

3 Aplikasi Baru

Masing-masing titik hotspot dapat dijangkau dengan jarak 500 meter. (KIERAHA.com)

Mantan Camat Ternate Tengah ini mengemukakan pada tahun ini, pihaknya juga berencana meresmikan 3 aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone. Di antaranya aplikasi e-Lapor.

Dia mengatakan, aplikasi e-Lapor dibuat untuk memudahkan masyarakat kota Bahari dalam menyampaikan keluhan di kelurahan maupun lingkungan masing-masing warga secara langsung.

“Syaratnya menggunakan smartphone. Keluhan yang disampaikan warga masyarakat Ternate itu berupa air bersih yang tidak jalan, sampah berserakan, pengurusan KTP dan KK, jalan berlubang, dan sebagainya. Setiap laporan langsung diteruskan ke SKPD terkait,” katanya.

Thamrin berharap setelah peresmian lokasi internet gratis dan aplikasi e-Lapor, diharapkan adanya dukungan dari sejumlah SKPD terkait seperti Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, dan PDAM.

“Karena dalam laporan masyarakat ini kami akan teruskan langsung ke masing-masing instansi terkait. Sehingga keluhan yang disampaikan warga langsung dicarikan solusi,” tutupnya.

BAGIKAN

Komentar