oleh

9 Rumah Pedagang di Belakang Toko Indo Meubel Gamalama Terbakar

Sembilan unit rumah milik pedagang Pasar Gamalama, Ternate, hangus dilalap api, Kamis (23/1/2020) sore. Sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi.

Lokasi pemukiman yang disebut-sebut sebagai kawasan kumuhnya wilayah kota, di belakang Toko Indo Jaya Meubel, itu terbakar pada pukul 17.00 WIT atau tepatnya sekitar jam 5 sore.

Rusni, salah satu saksi mata sekaligus korban, menuturkan, awalnya sekitar pukul 17.00 WIT, ia sedang duduk bersama dua rekannya di depan rumah, kemudian melihat asap keluar dari rumah milik Hasan Jafar. Sontak, ia langsung berteriak dan memberitahukan kepada anak pemilik rumah tersebut.

“Saat anak Jafar buka pintu, tiba-tiba asap keluar semakin banyak dari dalam rumahnya, kemudian nyala api terlihat muncul di belakang, kami panik dan langsung menyelamatkan diri,” kata Rusni, ketika disambangi kieraha.com.

Saat itu pun, Rusni melihat nyala api sudah mulai merembet ke rumah-rumah lainnya dan menimbulkan kepanikan warga. “Orang-orang sudah bergegas menyelamatkan diri dan barang-barang berharga. Tak lama kemudian mobil pemadam kebakaran tiba,” kata Rusni.

Dari kejadian tersebut, lanjut Rusni, barang yang dapat diselamatkan hanyalah sebuah koper berisi pakaian miliknya. “Selebihnya hangus terbakar bersama rumah,” ucapnya.

Naim Safar, Kepala Bidang Oprerasional Damkar Ternate menyatakan, pihak Pemadam Kebakaran mendengar informasi adanya insiden tersebut sekitar pukul 17.15 WIT.

“Mendengar ada kebakaran kami langsung kerahkan sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi dengan 50 personel,” kata Naim, begitu disambangi.

Naim bilang, saat tiba di lokasi, api sudah membesar dan menghanguskan bangunan rumah semi permanen yang terbuat dari bahan papan tersebut. “Alhamdulillah bersama warga dan bantuan aparat kepolisian, api berhasil dipadamkan kurang lebih 30 menit,” ujarnya.

Naim menambahkan, pihak Damkar saat pemadaman api terkendala akses masuk ke lokasi. “Selain itu, kami kerepotan dengan barang-barang dari pemilik toko yang diselamatkan keluar,” sambungnya.

Pengamatan kieraha.com, adanya insiden tersebut membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan di jalan depan Mall Jatiland, pertigaan jalan Masjid Raya Al Munawwar dan pertigaan Pasar Higenis Bahari Berkesan. Juga, hingga berita ini ditayang, pihak kepolisian belum mengetahui penyebab kebakaran dan kerugian akibat peristiwa tersebut.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda