Deretan ‘Spot Diving’ yang Wajib Dikunjungi di Ternate

Avatar photo

Spot diving atau tempat menyelam di Kota Ternate, memiliki ragam kaya jenis ikan, yang tidak dimiliki spot-spot lain di Indonesia. Salah satunya, yang terdapat di dive spot hiu langkah jenis hemiscyllium halmahera atau walking shark. Dua jenis ikan ini belakangan dinyatakan sebagai spesies baru dan merupakan endemik Maluku Utara.

Bagi Anda yang memiliki hobi menyelam bisa mencoba spot diving di kota berjuluk Bahari Berkesan ini. Rata-rata lokasi menyelam (panorama alam bawah laut) yang berada di Ternate ini tak jauh dari pusat kota. Jarak spot dive ini hanya ditempuh dalam waktu 15 menit perjalanan.

Salah satu yang paling istimewa melakukan dive spot di Ternate yaitu keragaman jenis ikan yang tidak dimiliki spot-spot lain di Indonesia, salah satunya hiu langkah jenis hiu hemiscyllium halmahera.

Aditya Agoes, Pengelola Nasijaha Dive Center Ternate, mengatakan keunikan dive spot setempat adalah letak atau lokasinya mudah dijangkau dan berada di pusat kota. Penyelam dapat menggunakan transportasi darat dengan jarak 15 menit perjalanan. Harga transportasinya pun sedikit murah, penyelam tak butuh menyewa kapal untuk bisa menjangkau lokasinya.

“Karena itulah mengapa, menyelam di Ternate sedikit berbeda dengan daerah-daerah lain di Maluku Utara dan pada umumnya,” kata Adit, di Pantai Taman Nukila, Ternate Tengah.

Berikut deretan spot diving dengan keindahan bawah laut yang wajib dikunjungi di Kota Ternate. *

Redaksi
Editor