oleh

Agar Pemilih Pilkada Maluku Utara Bisa Tahu Namanya Terdaftar di DPS

Pemilih di 8 kabupaten kota penyelenggara Pilkada 2020 wilayah Provinsi Maluku Utara diminta untuk dapat memastikan namanya terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara.

Daftar DPS Pilkada Serentak yang ditetapkan KPUD ini sudah diteruskan bentuk salinan dokumennya kepada PPS tingkat kelurahan maupun desa melalui PPK di kecamatan.

“Adanya penyerahan salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dari delapan kabupaten kota ini, maka diharapkan kepada pemilih agar bisa mengecek namanya, apakah sudah terdaftar atau masuk sebagai pemilih atau belum. Pengecekan nama pemilih ini dengan batas waktu sesuai tahapan, dilakukan hingga tanggal 28 September 2020,” kata Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Malut, Reni Syafrudin A Banjar, Selasa 22 September.

Reni menyebutkan, pengecekan ini bisa dilakukan melalui posko layanan yang dibuka di setiap desa dan kelurahan di delapan daerah penyelenggara pilkada serentak tersebut. Delapan daerah penyelenggara pilkada ini adalah Ternate, Tidore, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Timur, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, dan Taliabu.

Untuk wilayah Ternate, lanjut Reni, pemilih bisa melakukan pengecekan nama di Posko Layanan DPS yang disediakan oleh KPUD Ternate di area publik pusat kota, yaitu Jatiland Mall dan Hypermart. Juga, Pelabuhan Dufa-Dufa di wilayah Kecamatan Ternate Utara.

Bisa Dicek Lewat Online

Selain itu, lanjut Reni, masyarakat atau pemilih delapan kabupaten kota ini bisa mengecek langsung namanya di website KPU dengan mengklik link www.lindungihakpilihmu.kpu.

Ia mengajak kepada masyarakat agar benar-benar berperan aktif dalam memanfaatkan momen pengumuman DPS dengan baik yang sudah dimulai tanggal 19-28 September ini.

“Sehingga penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) di tanggal 9-16 Oktober 2020 nanti seluruh masyarakat sudah terakomodir dalam daftar pemilih tetap Pilkada 2020,” lanjutnya.

Reni menambahkan, apabila dalam pengecekan ini terdapat nama-nama yang belum masuk atau belum sesuai dengan daftar KTP maka bisa diajukan perbaikan melalui pihak terkait.

Wahyudi Yahya
Author
Bagikan Kabar Anda