oleh

Ajak Generasi Muda Teladani Kisah Heroik di Laut Aru

Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate, Maluku Utara, memperingati Hari Dharma Samudera 2019, di perairan Tidore Kepulauan, Selasa (15/1/2019) pagi.

Peringatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas peristiwa heroik yang terjadi di laut Arafuru pada 15 Januari 1962. 

Komandan Lanal Ternate, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, mengatakan upacara yang dilaksanakan sekaligus dengan tabur bunga di laut untuk mengenang jasa prajurit Matra Laut yang gugur melawan Belanda dalam perebutan Irian Barat.

“Yang saat itu komandannya adalah Komodor Yos Sudarso dengan KRI Macan Tutul, berkorban menyelamatkan dua kapal RI yang lain, yaitu KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau. Diambil pelajaran dari situ, beliau (Komodor Yos Sudarso) dan seluruh prajurit Matra Laut gugur dengan jiwa kesatria,” ujar Whisnu.

Dari peristiwa sejarah bangsa Indonesia itu, Whisnu mengimbau kepada seluruh generasi muda untuk meneladani pengorbanan para pahlawan yang gugur.

“Intinya dengan kondisi Indonesia saat ini penjajah dari luar itu sudah tidak ada. Sekarang ini bagimana kita membuat bangsa ini bersatu,” kata Whisnu.

Harapan di Tahun Politik

Bangsa Indonesia pada tahun ini juga diperhadapkan dengan momentum pemilihan legislatif secara serentak dan pemilihan presiden, karena itu harap Whisnu, perbedaan pandangan dan pilihan politik jangan sampai memecah persatuan dan kesatuan.

“Intinya menyikapi tahun politik ini yang rawan adalah terjadinya perpecahan, karena itu mari teladani semangat persatuan, semangat rela berkorban dari pendahulu kita khususnya Komodor Yos Sodarso dan ABK yang telah gugur.”

Whisnu mengajak generasi muda untuk jangan lagi mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok. Tapi letakkan kepentingan itu demi bangsa dan negara.

“Ini yang harus kita junjung, ini yang harus kita pertahankan. Jangan karena kepentingan kelompok dan pribadi mengalahkan kepentingan bangsa dan negara,” sambung Whisnu.

Dalam upacara tersebut juga dihadiri oleh Dirpolairud Polda Malut Kombes Pol Arif Budi Winofa, Palaksa Lanal Ternate Letkol Laut (PM) Kusnadi, Danden Pomal Lanal Ternate Mayor Laut (PM) Hanis Aldian, Pasintel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Ventje Rein Lalaria, dan Lettu Laut (P) Andi Ubaidillah.

Author: Irawan Amat

Editor: Redaksi

BAGIKAN