oleh

Ajak Warga Sanana Jaga Pesisir Pantai dan Laut

Pangkalan TNI AL Ternate melalui Pos TNI AL (Posal) Sanana, Kepulauan Sula, melakukan sosialisasi terhadap warga Desa Bega, Kecamatan Sanana, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan pesisir pantai di desa setempat.

Giat pembinaan potensi maritim itu bertujuan menangkal masalah abrasi yang kian mengancam pesisir pantai.

“Sosialisasi yang dilakukan dengan mengajak warga untuk tidak mengambil pasir dan batu karang (coral reef) secara berlebihan yang mengakibatkan kerusakan pantai dan laut,” kata Komandan Pangkalan TNI AL atau Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, Sabtu (4/5/2019).

Danlanal menjelaskan, manfaat dari sosialisasi ini agar potensi maritim yang ada masih dapat dinikmati generasi mendatang. “Pos TNI AL Sanana ini selaku perpanjangan tangan dari Pangkalan TNI AL Ternate, yang sangat berperan penting dalam menjaga potensi maritim (di Kepulauan Sula) menjadi kekuatan pertahanan,” katanya.

“(Karena itu) penyuluhan seperti mengambil pasir dan batu karang ini agar melihat kondisi dan kontur pantai, karena apabila masyarakat bebas maka otomatis abrasi pantai tidak bisa dihindari lagi,” ujar Danlanal.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN