oleh

AJI Gelar Workshop Data Driven Journalism Master Class di Jakarta

Aliansi Jurnalis Independen atau AJI Indonesia dan Independen.id, bekerjasama dengan CFI akan menggelar workshop Data Driven Journalism Master Class, di Morrissey Hotel, Jakarta Pusat, pada 9-11 Februari 2018. Kegiatan ini bertujuan mendukung jurnalisme yang lebih baik di Indonesia.

Workshop ini akan difasilitasi oleh Gurvan Kristanadjaja, seorang jurnalis yang bekerja untuk Liberation-France. Ia pernah bekerja sebagai data journalist di Rue89-France dan bertanggung jawab mengelola Rue89 Week-end, sebuah tablet magazine. Kolaborasi terbaru dari Gurvan adalah mengenai big data-Investigation about battered women in France dan dikenal sebagai ‘220 femmes’.

BACA JUGA

Tren Kenaikan Penderita HIV di Malut

Ancaman Buat Ibunda di Pulau Terpencil

Workshop Data Driven Journalism di Ternate

Pada workshop yang akan dilaksanakan selama tiga hari itu melibatkan peserta 5 editor dari Jakarta dan 15 editor luar Jakarta, salah satunya Kieraha.com.

“Dalam kegiatan ini peserta akan mendapatkan wawasan input konsep dan manfaat jurnalisme berbasis data, berbagi pengalaman implementasi beberapa media menerapkan data driven journalism di redaksi, serta pengetahuan untuk menerapkan jurnalisme berbasis data di media,” kata Hesthi Murthi, pelaksana kegiatan Data Driven Journalism Master Class, saat dihubungi, Kamis.

Hesthi menambahkan, rencana tindak lanjut setelah kegiatan tersebut, peserta akan mendapat dukungan untuk mengembangkan program jurnalisme data driven di media mereka, dan media akan diawasi dalam mengimplementasikan program ini.

Author: Hasbullah Dahlan

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar