oleh

Akhirnya Warga Kurang Mampu di Bacan Dapat Rumah Barifola

Gerakan kemanusiaan yang digagas Ikatan Keluarga Tidore Maluku Utara terus bergerak menyasar Pulau-Pulau Halmahera untuk membedah rumah warga kurang mampu.

Aksi kemanusiaan yang populer disebut Program Barifola itu hingga sekarang sudah membedah 201 rumah milik warga yang tersebar di wilayah provinsi setempat.

Baru saja, IKT membedah 3 unit rumah di Halmahera Utara, kali ini program yang dinahkodai DR Burhan Abdurahman itu menyasar Halmahera Selatan.

Sekretaris IKT Provinsi Maluku Utara Rizal Marsaoly mengatakan Program Barifola merupakan gerakan kemanusiaan untuk membantu warga kurang mampu.

BACA JUGA

AHM Bakal Cagub Terkaya di Pilgub Malut

Di Balik Kesuksesan Petani Kangkung Gambesi

Menurut dia, bedah rumah yang dilakukan sejak 2008 itu tidak menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah maupun anggaran pendapatan belanja negara.

“Anggaran barifola ini berasal dari sumbangan atau gerakan seribu rupiah (calamoi dalam sebutan warga Tidore dan Ternate) oleh masing-masing anggota IKT secara ikhlas dan sukarela,” ujar Rizal Marsaoly usai meninjau 3 unit rumah barifola di Bacan, Halmahera Selatan, Sabtu.

Dia mengatakan rumah barifola yang dibangun Ikatan Keluarga Tidore (IKT) di Bumi Saruma akan diserahkan kuncinya oleh Ketua IKT Burhan Abdurahman. “Rumah barifola yang dibangun ini merupakan rumah ke 199, 200, dan 201,” sambung dia.

Rizal mengemukakan, program bedah rumah ini bukan hanya untuk warga Tidore, tetapi seluruh warga di wilayah Maluku Utara.

“Alhamdulillah Program Barifola di Desa Gandasuli, Tomori dan Wayaua, sudah selesai. Rencananya ketiga rumah barifola di Halmahera Selatan ini akan dilaksanakan penyerahan kunci Senin (15/1/2018) dan Selasa (16/1/2018) malam,” ujar dia.

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar