oleh

Akses Jalan Jadi Kendala Air Terjun Bertingkat di Bibinoi Halmahera

Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, memiliki sejumlah obyek wisata alam yang unik. Potensi wisata yang ada menjadi destinasi tersendiri dibanding daerah lain.

“Salah satunya air terjun bertingkat yang dimiliki kabupaten ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan, Muhammad Nur Kamarullah, kepada KIERAHA.com, Sabtu (18/2/2017).

Dia mengatakan keunikan air terjun di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur itu telah menjadikan kabupaten setempat sebagai primadona. Menarik banyak wisatawan lokal.

Sayangnya, potensi yang ada belum didukung dengan sarana infrastruktur yang mumpuni. Minimnya fasilitas masih menjadi kendala. “Meliputi akses jalan, jembatan, tangga turun ke lokasi air terjun, dan fasilitas lainnya,” kata dia.

Muhammad Nur mengatakan air terjun yang menjadi primadona warga di Halmahera Selatan itu perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat.

“Untuk penataan dan pengembangan wisata air terjun ini perlu perhatian bersama, bukan hanya Dinas Pariwisata tetapi Dinas PU dan Bagian Aset (Setda Halmahera Selatan) juga,” kata dia.

Mantan Staf Ahli Bupati Halmahera Selatan Muhammad Kasuba itu, mengatakan saat ini pihaknya sedang membangun tempat ibadah dan ruang ganti pengunjung di kawasan air terjun setempat.

“Kami telah berkoordinasi dengan Dinas PU terkait jalan dan jembatan. Juga pembebasan lahan, terus kami dorong untuk diselesaikan,” mantan Staf Ahli Bupati dua periode itu memungkasi.

Author: Ikbal Taher

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar