oleh

Aktivitas Warga Pulau Batang Dua Mulai Normal

Ratusan warga di Kecamatan Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, yang sempat mengungsi karena gempabumi 7,1 magnitudo, mulai kembali ke rumah masing-masing.

Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf menyatakan, pihak BMKG sudah memberikan arahan dan pemahaman kepada warga setempat, terkait gempabumi tersebut.

“Dan warga Batang Dua sudah memahami kekuatan gempa yang terjadi pada Jumat (15/11/2019) dinihari pukul 01.17 WIT tersebut,” kata Hasyim, Rabu (20/11/2019).

BACA JUGA

Sudah 100 Lebih Gempa Susulan Pascagempa di Barat Laut Jailolo

Hasyim mengatakan, setelah warga diberikan pengarahan oleh petugas BMKG, mereka langsung kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan aktifitas seperti biasa.

Sementara, untuk bantuan korban gempa sudah disalurkan secara langsung di Batang Dua. Menurut Hasyim, pemberian bantuan tersebut dilakukan melalui pemerintah kecamatan.

Ia menambahkan, bagi rumah warga yang mengalami rusak ringan minus Kantor Cabang BPRS Bahari Berkesan, akan ditindaklanjuti sesuai tingkat kerusakan. Bahkan, lanjut dia, pemkot akan memberikan bantuan dana untuk memperbaiki rumah warga yang rusak.

“Jadi bentuan diberikan sesuai tingkat kerusakan, kalau rumah yang hanya retak-retak, akan diberikan uang tunai senilai Rp 1,5 juta, sedangkan rumah yang mengalami rusak parah diberikan bantuan Rp 10 juta,” jelasnya.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN