oleh

Awal Desember Ada Festival Kora-Kora di Ternate

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar event Festival Kora-Kora 2017 pada 2-3 Desember. Pada kegiatan itu akan menampilkan berbagai atraksi kebaharian.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan acara kepariwisataan itu, juga menampilkan beragam seni dan budaya kota berjuluk Bahari Berkesan.

“Event tahunan Pemkot Ternate ini akan menampilkan 12 acara, yaitu tourism expo, parade perahu hias, lomba dayung perahu kora-kora, lomba perahu layar, lomba perahu kano, lomba fotografi, lomba mancing, pagelaran seni dan budaya, pameran fotografi, live musik, workshop kora-kora, dan launching logo enjoy Ternate,” ujar Samin kepada KIERAHA.com di Jalan Kapitan Pattimura, Rabu sore, 22 November 2017.

BACA JUGA

Semangat Perdamaian Moloku Kieraha di Pulau Moti

Lida di Ternate Momen Promosi Pariwisata

Samin mengatakan acara pembukaan festival tahunan itu dipusatkan di kawasan Landmark, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah. Sementara, untuk pelaksanaan lomba perahu kora-kora dan perahu layar akan dilaksanakan di Pantai Sulamadaha, dan lomba memancing direncanakan berlangsung di Pulau Moti.

Melestarikan Budaya

Samin mengatakan penyelenggaraan Festival Kora-Kora 2017 selain mempromosikan potensi pariwisata Ternate, juga untuk melestarikan perahu kora-kora sebagai perahu tradisional leluhur setempat.

“Festival ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat kebaharian masyarakat Ternate, khususnya kalangan generasi muda, karena belakangan ini mereka tidak lagi berminat dengan masalah kebaharian, seperti dalam pemanfaatan potensi perikanan,” sambung dia.

Bagi warga masyarakat Maluku Utara yang berminat dengan lomba tersebut, dapat melakukan pendaftaran di Kantor Dinas Pariwisata, Jalan Kapitan Pattimura, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah.

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar