oleh

Bantuan PCR di Halmahera Selatan Bisa Periksa 100 Spesimen per Hari

Halmahera Selatan kini memiliki alat PCR. Satu unit mesin Polymerase Chain Reaction atau PCR bantuan perusahaan Harita Nickel itu bisa memeriksa lebih dari 100 spesimen per hari.

Alat tersebut berfungsi untuk mendeteksi virus Covid-19 pada tubuh seseorang. Bantuan alat PCR yang diserahkan tersebut merupakan tipe Aries produksi Luminex, Amerika Serikat.

“Alat ini dapat melakukan pengujian 12 spesimen setiap 2 jam. Jadi dalam sehari tenaga medis dapat menguji lebih dari 100 spesimen,” ujar Donald Hermanus, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada mewakili Harita Nickel, saat penyerahan simbolis kepada Bupati Bahrain Kasuba, Kamis 30 Juli 2020.

Adanya bantuan alat PCR tersebut akan sangat membantu pemerintah di Malut dalam upaya mendeteksi penyebaran Covid-19, sehingga dapat dilakukan penanganan dengan cepat.

Donald mengemukakan, selain alat PCR, Harita juga membantu kelengkapan pendukung operasionalnya, antara lain 1.500 swab dan VTM (Virus Transport Medium) sebagai tempat spesimen dari proses swab serta 600 cassette yang sudah diisi reagent PCR cartridge juga disertakan untuk memeriksa 600 spesimen.

Donald menyatakan, dengan adanya alat PCR ini, Pemda Halmahera Selatan tidak perlu lagi mengirimkan hasil swab ke luar daerah. Warga yang diduga terpapar virus Covid-19 dapat langsung terdeteksi dengan cepat dan akurat positif atau tidaknya. Ini akan sangat membantu dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di wilayah Halmahera Selatan.

Alat PCR ini juga dilengkapi pendukung lainnya seperti kabinet penyimpanan sampel, sterilisasi Tomy Autoclave SX Series, serta pendingin sampel. Alat PCR ini juga dapat mendeteksi infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), Hepatitis C, Infeksi cytomegalovirus, Infeksi human papillomavirus (HPV), Gonore, Klamidia, penyakit Lyme dan juga Pertusis (batuk rejan).

“Jadi, alat ini akan sangat bermanfaat ke depannya meski pandemi ini telah berakhir. Semoga dukungan ini semakin mempercepat Maluku Utara terbebas dari pandemi Covid-19. Dengan adanya alat PCR ini bukan berarti masyarakat boleh lengah. Disiplin terhadap protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan di mana pun dan kapan pun,” ucap Donald.

Penyerahan bantuan ini disaksikan oleh Sekda Helmi Surya Botutihe, Dandim 1509 Labuha Letkol Inf Imam Khanafi, Liaison Officer BNPB Laksamana TNI (Pur) A Bambang Pratiknyo, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan Hasna Muhammad. **

Irawan Lila
Author
BAGIKAN