oleh

Barang Kebutuhan Pokok Malut Aman hingga Tiga Bulan Kedepan

Kementerian Perdagangan bersama pemerintah daerah menggelar Rapat Koordinasi Daerah dan Identifikasi Harga Barang Kebutuhan Pokok menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) 2018, di kota Ternate, Rabu (2/5/2018).

Hasil Rakorda HBKN di Provinsi Maluku Utara itu menyimpulkan, bahwa di Provinsi dan Kabupaten di provin berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu stok Barang Kebutuhan Pokok tersedia cukup dan harga juga stabil, kecuali telur ayam ras dan bawang merah.

Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kemendag, Kasan menyatakan, dalam waktu secepatnya pasokan bawang merah yang didatangkan dari Bima NTB dan telur dari Manado serta Surabaya ini, sudah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Maluku Utara sehingga bisa menjalankan Puasa dan Lebaran dengan tenang.

Berdasarkan hasil pemantauan pasar yang dilaksanakan sehari sebelum Rakorda, harga Barang Kebutuhan Pokok atau Bapok, masih relatif stabil. Tercatat di Pasar Gamalama Ternate, harga beras medium Bulog Rp 10.000 per kg, beras medium merek Mawar dan AAAAA Rp 12.000 per kg di atas HET. Untuk beras premium merek Bola Mas masih Rp 14.000 per kg di atas HET, dan merek Bibir Merah Rp 13.500 per kg di bawah HET.

Demikian juga, harga minyak goreng curah Rp 14.000 per liter, minyak goreng kemasan Rp 16.000 per liter, gula pasir curah Rp 13.000 per kg masih di atas HET, bawang merah Rp 50.000 per kg dari harga minggu lalu Rp 35.000 per kg, bawang putih Rp 45.000 per kg, cabai merah keriting Rp 28.000 per kg, daging ayam ras Rp 35.000 per kg, telur ayam Rp 1.800 per butir dari harga sebelumnya Rp 1.600 per butir, dan daging sapi paha belakang sebesar Rp 110.000 per kg.

Begitu pula, dengan pemantauan yang dilakukan di ritel modern Hypermart, tercatat harga beras medium Rp 10.000 per kg, beras premium Rp Rp 13.400 per kg, minyak goreng kemasan merek Rose Brand Rp 11.000 per liter, gula pasir Rp 12.300 per kg, daging ayam ras Rp 31.400 per kg, dan telur ayam Rp 36.900 per kg. Untuk harga daging sapi beku telah sesuai HET, yaitu Rp 78.300 per kg, yang secara umum harga Barang Kebutuhan Pokok di ritel modern Hypermart ini sudah sesuai HET.

Stok Beras di Gudang Bulog dan Distributor

Untuk stok beras di gudang Bulog, Subdivre di Ternate, saat ini masih mencapai 3.000 ton, dengan tingkat konsumsi normal masyarakat Ternate sebanyak 1.000 ton per bulan cukup aman untuk 3 bulan ke depan, dan dalam proses mendatangkan kembali 2.000 ton beras medium lainnya. Bulog juga diminta untuk memastikan pasokan beras medium ke seluruh Kabupaten Kota di Maluku Utara berjalan lancar hingga akhir tahun. Selain itu, pada stok beras medium di gudang distributor Firma Agung saat ini mencapai 270 ton dengan merek AAAAA yang dijual ke pedagang dengan harga Rp 10.000 per kg.

Upaya Kemendag menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok juga melalui penguatan regulasi yang diatur dalam Permendag Nomor: 20/M-DAG/PER/3/2017, tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok (TDPUD Bapok) yang mengamanatkan, bahwa setiap pelaku usaha distribusi yang memperdagangkan barang kebutuhan pokok wajib memiliki TDPUD Bapok, meliputi distributor, sub distributor dan agen. Selama menghadiri rangkaian kegiatan di Ternate, Kepala BPPP Kemendag, Kasan juga meninjau kesiapan pelabuhan Pelindo IV Cabang Ternate.

“Hasil pemantauan di Pasar Gamalama Ternate, menunjukkan harga Bapok relatif stabil dan pasokan aman dalam beberapa bulan ke depan. Untuk itu, Kemendag bersama pemda di Maluku Utara dan pihak terkait lainnya serta pelaku usaha terus bekerja sama menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan tersebut,” kata Kasan.

Iriyanti Chandra

BAGIKAN

Komentar