oleh

BBM Satu Harga Resmi Hadir di Maba dan Ibu Halmahera

PT Pertamina (Persero) kembali mengoperasikan lembaga penyalur BBM satu harga berupa SPBU Kompak 86.976.13 di Maba Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, dan SPBU Kompak 86.977.17 yang berlokasi di Desa Togola Wayoli, Ibu Tengah, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, mengatakan peresmian SPBU Kompak ini adalah wujud komitmen penyaluran energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal). 

Kegiatan peresmian berlangsung pada Selasa dan Rabu, 26-27 Februari 2019. Dengan diresmikannya SPBU Kompak ini, lanjut Brasto, warga sekitar bisa mendapatkan BBM di wilayahnya dan menikmati harga yang sama dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia. 

“Untuk harga Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 4738 Tahun 2016,” ujar Brasto.

Dedi Haerudin, Region Manager Aviation VIII PT Pertamina, menyampaikan program BBM satu harga merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mendukung program pemerintah untuk menyediakan energi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

“Pertamina mendapat tugas untuk membuka aksesibilitas dan ketersediaan serta menyediakan energi yang berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya di wilayah yang termasuk dalam kategori 3T yang selama ini masih sulit dijangkau dan lokasinya menantang,” kata Dedi melanjutkan.

Dedi mengatakan Pertamina terus berkomitmen menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh wilayah di Indonesia. “Dengan beroperasinya SPBU BBM satu harga ini maka Pertamina MOR VIII dengan cakupan wilayah Maluku-Papua sudah merealisasikan 39 titik. Direncanakan juga 12 titik lokasi akan beroperasi pada 2019. Khusus untuk wilayah Maluku Utara hingga sekarang telah beroperasi 6 titik lokasi, dan 2019 akan dilengkapi 4 titik lainnya,” sambung Dedi.

Dengan beroperasinya lembaga penyalur BBM, tentunya Pertamina perlu didukung oleh berbagai pihak terkait, seperti Kementerian ESDM, pemerintah daerah, aparat kepolisian dan TNI, serta peran aktif masyarakat agar BBM satu harga disalurkan tepat sasaran dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Untuk SPBU 86.976.13 di Kecamatan Maba Selatan dikirim dari Terminal BBM Tobelo dan diangkut dengan menggunakan mobil tangki. Adapun setiap sebulan SPBU ini akan dipasok masing-masing sebanyak 60 KL Premium dan 10 KL Solar. Sementara SPBU di Kecamatan Ibu Tengah dikirim dari Supply Point Terminal BBM Tobelo dan juga diangkut menggunakan mobil tangki. Setiap bulan SPBU ini akan dipasok masing-masing dengan alokasi 95 KL Premium dan 20 KL Solar.

Redaksi
Author
BAGIKAN