oleh

Bela Lebih Dulu Resmi Bupati

Sebanyak dua daerah di provinsi Maluku Utara yang melaksanakan pilkada serentak pada 2017. Dua daerah tersebut adalah Kabupaten Halmahera Tengah dan Pulau Morotai.

Komisi Pemilihan Umum menjadwalkan pleno penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih pada dua kabupaten tersebut. Untuk Halmahera Tengah, pasangan Edi Langkara-Abd Rahim Odeyani akan ditetapkan Kamis (6/4/2017), menyusul Kabupaten Pulau Morotai pasangan Benny Laos-Asrun Padoma, Jumat (7/4/2017).

Hal itu disampaikan Syahrani Somadayo, Ketua KPU Maluku Utara, ketika dikonfirmasi KIERAHA.com, Rabu (25/4/2017).

“Ini sudah sesuai ketentuan, bahwa pleno penetapan paslon (pasangan calon) terpilih oleh KPU dilaksanakan tiga hari setelah penetapan dari MK,” kata Syahrani.

BACA JUGA

Selangkah Lagi Elang Halmahera Dilantik

19 Tokoh Dukung AHM Gubernur

Syahrani mengungkapkan hasil pleno penetapan KPU kemudian diserahkan ke DPRD kabupaten masing-masing, dan seterusnya dilanjutkan kepada Mendagri melalui gubernur untuk proses pelantikan.

Menurut Syahrani, proses pelantikan paslon bupati dan wakil bupati terpilih tersebut akan dilaksanakan setelah masa jabatan bupati dan wakil bupati saat ini berakhir.

Olehnya itu, kata dia, pelantikan paslon bupati dan wakil bupati Edi Langkara-Abd Rahim Odeyani masih akan menunggu jabatan bupati Ali Yasin berakhir pada 23 Desember 2017.

“Nanti masa jabatan bupati saat ini berakhir baru pelantikan Elang (Edi Langkara) bisa dilaksanakan. Berbeda dengan Morotai, karena yang menjabat adalah penjabat bupati sementara sehingga bisa dilakukan pelantikan pasangan terpilih setelah proses di Mendagri selesai,” Ketua KPU Malut, Syahrani Somadayo memungkasi.

Author: Putri Ways

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar