oleh

BMKG Ternate Imbau Warga Maluku Utara Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Babullah Ternate kembali menyampaikan peringatan dini adanya gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di wilayah laut perairan Maluku Utara untuk beberapa hari kedepan.

Prakirawan BMKG Dewi Makhrantika menyebutkan, wilayah laut yang berpotensi gelombang tinggi untuk tiga hari kedepan ini meliputi Perairan Loloda, Ibu, Kedi, Morotai Utara, Kepulauan Sula, Taliabu, Jailolo, Labuha, Maba, Subaim, Tobelo dan Weda.

“Potensi tinggi gelombang ini mencapai 2,5 meter dan bisa lebih jika pergerakan angin sering terjadi,” sebut Dewi, Selasa, 20 Oktober.

Sementara itu untuk kecepatan angin terpantau di wilayah bagian Perairan Halamhera Utara dengan kecepatan rata-rata 4 knot dan maksimum 25 knot.

“Jika menghitung pergerakan angin hingga 25 knot artinya kecepatan angin ini 50 km per jam,” jelas Dewi.

Adanya pergerakan angin ini dapat memicu terjadi potensi tinggi gelombang di wilayah perairan ini. Sehingga BMKG, kata Dewi mengimbau kepada warga masyarakat Maluku Utara seperti nelayan dan pengguna jasa transportasi laut yang hendak bepergian ke suatu daerah agar selalu berikhtiar.

Sahrul Jabidi
Author
Bagikan Kabar Anda