oleh

Calon Haji asal Maluku Utara Ikut Pemantapan Manasik Haji di Madinah

Ketua Kloter dan Pembimbing Ibadah Haji menggelar pembinaan bagi JCH asal Maluku Utara yang tergabung dalam kloter 7, 8 dan kloter 9.

Pemantapan pemahaman jemaah tentang manasik haji ini dilangsungkan di Pelataran Hotel tempat jemaah menginap dan Masjid Nabawi.

Ketua JCH Kloter 9 Ibrahim Abubakar mengemukakan, dalam mengawali kegiatan dimulai dengan salat subuh berjemaah di Masjid Nabawi.

“Usai salat, para jemaah kemudian mengikuti bimbingan ibadah yang pandu oleh H Aksa Muhammad didampingi TPHD Ustadz Amin Ali,” kata Ibrahim.

Jemaah juga mendapat penjelasan teknis akomodasi, konsumsi, dan persiapan pelaksanaan umrah. Kegiatan jemaah usai pembinaan, dilanjutkan dengan ziarah di sekitar Masjid Nabawi.

“Tempat ziarah di dekat Masjid Nabawi ini antara lain di Makam Baqi, Makam Rasulullah, Makam Abubakar dan Umar, serta Museum Alquran,” jelasnya.

Kondisi Kesehatan Jemaah

Kondisi kesehatan jemaah asal Maluku Utara sebagaimana dilaporkan, selain Rajab Husen yang masih dirawat di RS King Fahd Madinah, jemaah lainnya dalam kondisi relatif baik. Beberapa jemaah mengalami batuk, flu, asam urat, kolesterol dan demam masih dapat ditangani oleh petugas kesehatan kloter.

Irawan Lila
Author
BAGIKAN