oleh

Cara Pemkot Ternate Tangkal Penularan Virus Corona COVID19

Pemkot Ternate resmi membentuk gugus tugas penanganan Virus Corona, Senin kemarin. Langkah tersebut untuk mencegah penularan dan penyebaran wabah COVID19 di Ternate.

Wali kota Burhan Abdurahman menyebutkan beberapa poin penting yang akan dilakukan untuk mencegah virus tersebut, yaitu pembentukan satgas, mendirikan posko induk sebagai pusat informasi COVID19, dan melibatkan aparat setiap kecamatan sampai kelurahan dalam menyebarluaskan informasi kesehatan dan kebersihan.

“Gugus tugas ini dipimpin langsung oleh BPBD Kota Ternate,” kata Burhan, Senin 16 Maret.

Burhan mengatakan gugus tugas ini akan bekerjasama dengan TNI Polri dan masyarakat dalam melakukan pembersihan tempat ibadah wilayah kota setempat.

Awasi bandara dan pelabuhan

Burhan menyatakan, melalui gugus tugas ini akan fokus pada para penumpang yang baru tiba maupun yang berangkat melalui Bandara Sultan Babullah dan pelabuhan-pelabuhan.

“Untuk aktivitas pendidikan di Kota Ternate, sementara ini proses belajar mengajar masih berjalan seperti biasa, tetapi diikuti dengan pembersihan di lingkungan sekolah,” katanya.

Ia menjelaskan, kebersihan di lingkungan sekolah, lingkungan rumah dan lingkungan keluarga serta tempat-tempat ibadah, itu akan menjadi prioritas gugus tugas atau satgas.

“Yang akan dilaksanakan secara kontinyu agar mencegah masuknya virus ini,” kata Burhan.

Burhan menyatakan, akan membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang di ruang publik. “Kita akan minta pengertian untuk sementara waktu, mengurangi kegiatan-kegiatan yang bisa mengumpulkan banyak orang. Yang itu sudah diserahkan kepada gugus tugas untuk berkoordinasi dengan panitia atau pihak penyelenggara acara,” kata Burhan.

Ia mengimbau kepada warga masyarakat untuk memperbiasakan hidup bersih. “Dan kepada semua tokoh agama di Kota Ternate untuk senantiasa memanjatkan doa, agar negeri ini dan khususnya Kota Ternate bisa dijauhkan dari segala bencana,” sambung Burhan.

Irawan Lila

BAGIKAN