oleh

Deklarasi dan Panggung Budaya Sambut Hari Sumpah Pemuda di Ternate

Deklarasi sumpah pemuda dan pagelaran panggung budaya resmi dibuka, di lokasi wisata Pantai Sulamadaha, Kecamatan Ternate Barat, Ternate, Jumat sore, 23 Oktober 2020.

Kegiatan yang digagas oleh KNPI Ternate Tengah, Ternate Utara dan Ternate Barat ini dalam rangka menyambut hari lahir Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.

Kegiatan bertajuk Bersama Pemuda Torang Jaga Adat Se Atorang ini bertujuan menyatukan pemuda dan pemudi wilayah Kota Ternate agar kembali mencintai adat dan budaya nya.

“Ini karena kemajuan kota dan teknologi menyebabkan nilai-nilai budaya Ternate saat ini mulai bergeser,” ucap Ketua DPD KNPI Kota Ternate, Sahroni A Hirto, ketika disambangi kieraha.com, usai pembukaan acara deklarasi tersebut, Jumat sore, pukul 18.21 WIT.

Sahroni mengatakan terbentuknya Ternate adalah bagian dari perjuangan bersama yang di antaranya terdapat banyak peran pemuda. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari mengembalikan semangat pemuda dalam membangun Ternate.

“Kali ini pemuda Soa Sulamadaha kembalikan semangat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan yang berbasis Adat Se Atorang. Dengan harapan adat ini berjalan bukan hanya dengan keyakinan dan akal tapi juga disertai dengan ilmu pengetahuan. Sehingga apa yang dikatakan oleh tetua kita bukan berarti tidak ada dasar, melainkan foso dan boboso (atau hal-hal yang dilarang dalam ajaran tetua Ternate) juga ada dasar ilmiah,” kata Sahroni.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga perayaan puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sudarman MN Tinamba
Auhtor
Bagikan Kabar Anda