oleh

Dukungan Mengalir pada Program ‘Emas Biru’

Program emas biru yang digagas Kodam Pattimura untuk masyarakat Maluku dan Maluku Utara mendapat apresiasi dari pemerintah dan DPRD provinsi setempat.

Program yang disampaikan langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo pada acara tatap muka dengan komponen masyarakat Maluku Utara, Rabu (22/3/2017) malam itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Pada program emas biru yang disampaikan Mayjen Doni dihadapan kepala daerah dan pimpinan SKPD se Maluku Utara itu, mengemukakan akan ada pencanangan kawasan laut, di beberapa kawasan perairan setempat untuk budidaya jenis ikan.

“Pada program emas biru ini kita menargetkan adanya pembudidayaan hasil laut. Salah satunya ikan kerapu. Ini kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Mayjen Doni mengungkapkan masih banyak kawasan perairan Maluku Utara yang belum dimanfaatkan. Misalnya teluk Jailolo, Pulau Obi, Lifmatola dan Pulau Taliabu.

Olehnya itu, sambung dia, ketika program tersebut berjalan maka nelayan di Maluku Utara tidak hanya memanfaatkan ikan tangkap tapi juga menangkap ikan hasil budidaya.

Pangdam mengharapkan potensi keanekaragaman hayati di Maluku Utara itu dapat dijaga dan dilestarikan untuk anak cucu dan generasi mendatang.

Foto bersama usai tatap muka

 

Buyung Radjiloen, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Malut, mengemukakan dukungan pemerintah provinsi setempat akan ditindaklanjuti melalui kerjasama.

“Karena pemaparan Panglima Kodam sebenarnya sejalan dengan program pemprov. Sehingga kita sudah punya satu pemahaman, yang akan dilakukan melalui kerjasama sebagaimana program yang disampaikan Panglima Kodam,” ucapnya.

Menurut Buyung, hasil laut yang ditangkap di perairan Maluku Utara selama ini hanya dibawa keluar dan tidak memberikan efek kesejahteraan atau peningkatan PAD.

“Karena itu dengan adanya kerjasama ini semoga pemprov dan TNI bisa menjadikan kawasan perikanan Maluku Utara sebagai sektor unggulan,” katanya.

Hal senada dikatakan Alien Mus, Ketua DPRD Maluku Utara, bahwa program emas biru yang digagas Pangdam Pattimura, DPRD provinsi setempat mendukung.

Dia meminta adanya sosialisasi yang dilakukan dalam rangka upaya tindaklanjut bersama dengan pemerintah provinsi. “Prinsipnya kami sangat setuju karena demi kesejahteraan masyarakat.”

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar