oleh

Gandeng UMMU Sukseskan Pilgub Malut

KPU Maluku Utara bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi UMMU menggelar sosialisasi tahapan pilgub dan pelatihan public speaking, di aula Kantor Wali Kota Ternate, Kelurahan Kalumpang, Ternate Tengah, Minggu (28/1/2018).

Ketua KPU Syahrani Somadayo mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara 2018.

Syahrani mengapresiasi terlaksananya kegiatan itu. Sebab, bagaimana pun public speaking atau seni berbicara di depan umum tersebut memiliki kaitan yang erat dengan Pilkada Serentak tahun ini.

“Yaitu tentang berbicara yang santun, bersahaja, menghindari hoax, fitnah, dan kampanye hitam, terutama saat momen kampanye maka dibutuhkan public speaking, bagaimana para kandidat berbicara di depan umum dengan baik dan benar sesuai ketentuan undang-undang pemilu yang ditetapkan,” kata Syahrani.

Dia mengaku, dengan adanya kerjasama tersebut, KPU merasa terbantu dalam hal sosialisasi. “Karena kalau kita berharap sosialisasi ini hanya dilaksanakan oleh KPU, saya rasa tidak terlalu efektif. Kita KPU memiliki jangkauan yang terbatas sehingga KPU berharap dukungan dari semua pihak dalam mensukseskan pilgub.”

BACA JUGA

Agar Pilgub Malut tak Picu Konflik

KPU Bersama Ikom Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Public Speaking

4 Pasangan Calon Resmi Daftar Pilgub Malut

Syahrani berharap, para peserta yang mengikuti sosialisasi tahapan Pilgub Malut dan pelatihan public speaking selama tiga hari itu, bisa menjadi perpanjangan tangan KPU dalam mendukung setiap tahapan, program, dan jadwal pilgub setempat.

Putri Nurdiana Jailani menambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut untuk menciptakan komunikator karismatik pada Pilgub Maluku Utara tahun ini.

Pengamatan KIERAHA.com, sebelumnya pada awal kegiatan itu, terdapat penyampaian laporan Ketua Panitia Gita Fitriani, sambutan-sambutan yang dimulai oleh Koordinator Pelaksana Putri Nurdiana Jailani, Ketua Prodi Ikom UMMU Wahyuni Bailusy dan Rektor UMMU Ternate Saiful Deny yang diwakili Warek I.

Hadir sebagai narasumber dari KPU Malut, di antaranya Ketua Divisi Perencanaan, Program, Keuangan, Logistik dan Umum Safri Awal, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat Pudja Sutamat, dan Ketua Divisi Hukum Buchari Mahmud.

Sosialisasi tersebut dipandu oleh Putri yang juga Dosen Ilmu Komunikasi UMMU. Jumlah peserta yang hadir di Sosialisasi Tahapan Pilgub tersebut sebanyak 100 orang, yang diwakili unsur pelajar (pemilih pemula), mahasiswa, tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda, serta tim pemenang empat pasangan bakal calon Pilgub Malut.

Author: Fandi Gani

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar