oleh

Gara-Gara Lomba Mancing Halmahera Gubernur Malut Diundang ke Cina

Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim Ridwan Djamaluddin, memberikan apresiasi kepada pemprov Maluku Utara atas terselenggaranya event Widi International Fishing Tournament, di Halmahera Selatan, pada 25-29 Oktober 2017.

Kemenko Maritim menilai pelaksanaan lomba memancing ikan terbesar pertama kali di Indonesia itu sukses. Sehingga memasukkan Maluku Utara dalam daftar program percepatan implementasi pembangunan infrastuktur 2018.

Kepada KIERAHA.com, gubernur Abdul Gani Kasuba mengemukakan, sebelumnya provinsi Maluku Utara tidak masuk dalam program prioritas pembangunan tersebut.

BACA JUGA

Pemprov Pastikan Lomba Mancing Halmahera Tahun Depan Lebih Baik

Musik Togal dan Cakalele Sambut Kedatangan Menko Luhut di Bacan

“Namun dengan suksesnya event WIFT sehingga ini menjadi hadiah tersendiri,” ujar Gani, kepada KIERAHA.com, melalui pesan WhatsApp, Sabtu malam.

Gani mengemukakan, tindak lanjut dari suksesnya pelaksanaan lomba memancing ikan itu adalah Maluku Utara masuk dalam Quiq Wins New, yang merupakan inisiatif program kerjasama antara Global Maritime Fulcrum dan Belt Road Initiative.

“Kerjasama ini untuk program percepatan implementasi pembangunan infrastuktur di Indonesia. Yang itu sudah dalam pembahasan saat saya diundang langsung menghadiri rapat persiapan program GMF dan BRI ini bersama beberapa daerah di Indonesia yang masuk sebagai daerah prioritas pengembangan infrastruktur.”

Gubernur Malut saat diundang dalam rapat pembahasan daerah prioritas percepatan pembangunan Indonesia bersama Kemenko Maritim di Jakarta, Jumat (3/11/2017)

Gubernur mengatakan dalam rapat itu mengusulkan dua program prioritas, yaitu pengembangan perikanan budidaya dan wisata mancing. “Dan saat ini pemprov sedang menyusun profil investment (investasi), serta data-data umum tentang kedua prioritas program ini bersama tim terpadu yang dikoordinir bapak Kemenko Maritim,” kata Gani.

“Maluku Utara diusulkan menjadi kawasan maritim terpadu dengan pariwisata dan perikanan sebagai sektor strategis. Sebagai tindak lanjut itu, saya diundang sebagai anggota Delegasi RI yang dipimpin pak Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Maritim untuk kunjungan kerja ke Beijing (Cina) pada 19-24 November 2017.”

“Kita sangat berterima kasih, karena ini salah satu hadiah terbesar bagi Maluku Utara yang sukses menyelenggarakan WIFT 2017,” sambung Gani.

Berikut video tentang event Widi International Fishing Tournament atau WIFT sejak pembukaan hingga penutupan pada Minggu malam, 29 Oktober 2017.

Bagikan Kabar Anda

Komentar