oleh

Garuda dan Pelni Akan Perkuat Jalur Laut dan Udara Morotai

Perluasan aksesibilitas untuk mendorong pengembangan investasi dan wisata di Morotai, Maluku Utara yang menjadi kendala selama ini dengan perlahan mulai terjawab.

Kabupaten yang berada di bibir Samudera Pasifik dan memiliki daya tarik wisata yang mumpuni sehingga masuk sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata Bali Baru di Indonesia itu, kini akan disinggahi oleh maskapai penerbangan Garuda dan KM Dorolonda.

“Sinkronisasi (antara) Garuda dan Pelni ini dalam rangka merancang skema jalur Garuda sebagai penyambung arus barang Morotai-Bitung yang diangkut Pelni, untuk bisa diteruskan Garuda ke kota-kota tujuan lain di Indonesia maupun mancanegara,” kata Benny Laos, Bupati Morotai, ketika dihubungi kieraha.com, di Ternate, Rabu, 19 Agustus.

Benny mengatakan konektivitas laut dan udara di Morotai itu akan menjadi pintu masuk bagi para investor untuk melakukan investasi di bidang pariwisata. Sekaligus mempermudah usaha masyarakat Morotai untuk semakin produktif dan membawa keuntungan ekonomi.

Ia mengemukakan, dengan konektivitas darat, laut, dan udara yang diupayakan tersebut ketika terwujud, maka produk Morotai mendapat jangkauan pasar lebih luas sekaligus efisien, baik di jalur domestik maupun export.

“Sehingga kedepan, putra putri Morotai bisa lebih banyak pilihan dalam menata karir profesionalnya,” lanjut Benny.

Upaya Pemda Morotai dalam konektivitas tersebut mulai dipastikan berjalan setelah ada pertemuan kecil antara Bupati Benny Laos dengan Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Dirut Pelni Insan Purwarisya L Tobing, di Kantor Garuda, Kebon Sirih, Jakarta.

“Rapat ini menghasilkan PT Pelni akan membuka jalur pelayaran KM Dorolonda Morotai-Bitung dan Bitung-Morotai. Sementara maskapai penerbangan Garuda Indonesia mempersiapkan rute Jakarta-Morotai dan sebaliknya. Jadi akan ada beberapa alternatif rute Pesawat yang diketengahkan, di antaranya Jakarta-Morotai via Bali, Jakarta-Morotai via Manado atau via Ternate,” sambung Benny.

Sahrul Jabidi
Author
Bagikan Kabar Anda